Breaking News:

FJM dan AJI Medan Bantah Adanya Perdamaian Pasca-aksi di Balai Kota Medan

Sejumlah organisasi pers menyatakan tidak pernah melakukan perdamaian dengan Wali Kota Medan M Bobby Nasution pascaaksi kedua

Tribun Medan
Sikap arogansi petugas keamanan Wali Kota Medan membuat puluhan jurnalis Kota Medan melakukan aksi unjuk rasa, Kamis (15/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN--Dua hari berturut-turut, persisnya Kamis (15/4/2021) dan Jumat (16/4/2021), Balai Kota Medan digeruduk puluhan jurnalis baik cetak dan elektronik.

Aksi tersebut terkait tindak arogansi petugas keamanan Pemko Medan terhadap dua orang jurnalis yang melakukan peliputan.

Dalam aksi ini, berbagai organisasi dan komunitas pers ikut mewarnai, di antaranya Forum Jurnalis Medan (FJM), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan, Pewarta Foto Indonesia (PFI), dan Ikatan wartawan Online (IWO).

Baca juga: Ada Oknum Cari Muka di Balik Aksi Unjuk Rasa di Balai Kota, Sebut Wartawan Caper Jelang Lebaran

Namun, pascaaksi pada Jumat (16/4/2021) kemarin, ada pihak-pihak yang kabarnya coba-coba menggiring opini, bahwa aksi jurnalis berujung damai.

Terkait hal ini, Ketua FJM Jonris Purba sangat menyesalkan adanya media online yang coba-coba membangun narasi semacam itu. 

"Saya mencoba menebak arah pikiran penulisnya. Itu mungkin mengaitkan buka puasa dengan adanya aksi unjuk rasa wartawan pada siang harinya,"

"Namun menurut saya, kalau sampai disebut dengan istilah 'berdamai' itu jadi lucu. Karena wartawan yang memenuhi undangan buka puasa bersama itu, bukan wartawan yang melakukan aksi unjuk rasa memprotes pengusiran wartawan dari Kantor Wali Kota Medan," kata Jonris, Sabtu (17/4/2021).

Jonris tak membantah, bahwa unjuk rasa yang dilakukan rekan-rekan jurnalis ini menyedot banyak perhatian. 

Baca juga: DEMO BOBBY JILID II, Ada Orang di Lingkaran Bobby Nasution Menghina Jurnalis?

Hal ini, kata Jonris, karena Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution merupakan menantu dari Presiden RI Joko Widodo. 

Namun terlepas dari itu, ia berharap tidak ada penggiringan-penggiringan isu yang seolah memperhadapkan sesama kelompok wartawan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved