Breaking News:

Buka Aplikasi New PLN Mobile, Bisa Intip Estimasi Tagihan Listrik

Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya,

Kontan
Driver menggunakan aplikasi PLN charge.IN saat mengisi baterai di SPKLU PLN. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tagihan listrik terkadang membuat masyakarat terkejut saat mengetahui besaran yang yang harus digunakan dalam pemakaian jangka waktu tersebut.

Kini, demi memudahkan pelanggan mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan selanjutnya, PLN menambah fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) di aplikasi New PLN Mobile. Kini, pelanggan dapat mengestimasi tagihan listrik bulan selanjutnya melalui fitur tersebut.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengungkapkan bahwa fitur SwaCAM ini bermanfaat untuk transparansi antara PLN dan pelanggan.

Baca juga: Jelang Bulan Ramadan, PLN Sumut Bentuk 222 Posko Siaga Beranggotakan 2.700 Personil

"Fitur SwaCAM kita hadirkan guna memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan. Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya," ungkap Bob, Minggu (25/4/2021).

Dikatakan Bob, kehadiran fitur ini juga bertujuan meminimalisasi potensi kesalahan baca meter, khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca petugas.

Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

"Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik," ujar Bob.

Menurutnya, alternatif akhir tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan, ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan.

Untuk mendapat beragam kemudahan lainnya dari layanan PLN, pelanggan dapat segera mengunduh aplikasi New PLN Mobile yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Harry, warga Tembung yang baru mengetahui adanya fitur ini tentu cukup senang lantaran dirinya tak perlu lagi terkejut saat melihat tagihan listrik.

"Baguslah ada seperti itu biar kita nggak terkejut juga lihat tagihan kita kan. Setidaknya kalau ada ini paling enggak udah ancang-ancang pemakaian nggak dor-doran biar bisa terkontrol," ucapnya.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved