Breaking News:

Hampir Penuh, Sampah di TPA Terjun Medan Menggunung hingga Puluhan Meter

Berbeda dengan gunung pada umumnya, gundukan setinggi puluhan meter ini merupakan tumpukan sampah yang sudah mengeras.

Rechtin / Tribun Medan
Para pemulung saat sedang mengumpulkan sampah di TPA Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kamis (29/4/2021). Jika tidak ditangani dengan tepat, TPA Terjun akan penuh beberapa tahun mendatang.  

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemandangan bukit-bukit menyerupai gunung terlihat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Berbeda dengan gunung pada umumnya, gundukan setinggi puluhan meter ini merupakan tumpukan sampah yang sudah mengeras.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni mengaku, saat ini kondisi TPA Terjun memang sudah hampir penuh.

Ia menuturkan, jika tidak ada penanganan yang tepat, maka sekitar tiga sampai empat tahun ke depan, TPA Terjun akan penuh.

"Ya melihat kondisi yang ada sekarang, sekitar tiga sampai empat tahun lagi tidak diolah akan terjadi stagnan di TPA Terjun," ujar Husni kepada tribun-medan.com, Kamis (29/4/2021).

TPA Terjun merupakan satu-satunya TPA yang secara operasional menampung seluruh sampah dari 21 Kecamatan yang ada di Kota Medan.

Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan pada tahun 2013, tumpukan sampah yang ada di TPA Terjun sudah mencapai 25 meter.

Amatan tribun-medan.com di lokasi, puluhan pemulung tampak ikut memilah sampah dan menjual kembali hasil pungutan sampah di TPA.

Sementara truk sampah hilir mudik setiap menit untuk mengangkut sampah ke TPA. Sebanyak dua ekskavator juga dioperasikan untuk menumpuk dan menyebarkan sampah di TPA.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tribun-medan.com, TPA Terjun memiliki luas lahan 14 Ha dengan sistem pengelolaan sampah yang dilakukan yakni sistem open dumping.

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved