Breaking News:

Tebing Longsor di Berastagi

BREAKING NEWS, Tebing di Berastagi Longsor, BPBD Sebut Dampak Hujan Deras

Bibir tebing yang ada di kawasan Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, dikabarkan mengalami longsor pada Kamis (29/4/2021) malam.

TRIBUN MEDAN / HO
Jalur antara Desa Doulu Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, menuju Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, tertutup material longsor, Kamis (29/4/2021) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Bibir tebing yang ada di kawasan Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, dikabarkan mengalami longsor pada Kamis (29/4/2021) malam.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Peranginangin, longsor terjadi sekira pukul 19.00 WIB.

"Benar tadi ada kejadian longsor di Doulu, tadi kita dapat informasi sekira pukul 19.00 WIB tadi kejadiannya," ujar Natanail, saat dikonfirmasi via seluler.

Penyebab tebing longsor, Natanail menjelaskan dugaan kuat karena tanah yang berada di kawasan tebing tersebut tergerus karena diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

"Karena hujan, sehingga tanahnya terbawa air," katanya.

Natanail menjelaskan, di kawasan ini sebelumnya sudah dibangun saluran untuk jalur air dari tebing mengarah ke drainase jalan.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu di kawasan ini juga sempat terjadi longsor sehingga sudah dilakukan antisipasi.

"Kemarin juga sudah dibangun jalur air di situ, kemungkinan dari jalur itu meluap dan membawa material dari tebing," ucapnya.

Lebih lanjut, saat dinyatakan apakah pihaknya sudah melakukan pembersihan dan normalisasi jalur, dirinya mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas PUPR Karo untuk menerjunkan alat berat.

Selain itu, berdasarkan informasi yang diterima jika saat ini masyarakat secara swadaya telah mulai melakukan pembersihan.

"Tadi sudah kita koordinasikan, katanya alat berat sedang loading. Dan dari laporan, kita lihat masyarakat bersama karang taruna mulai melakukan pembersihan," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved