Breaking News:

News Video

DAHSYAT! Pelaku Swab Antigen Bekas Raup Keuntungan Rp 1,8 M, Sudah Beroperasi Sejak Desember 2020

Praktik daur ulang swab antigen di Bandara Internasional Kualanamu ternyata sudah dilakukan sejak Desember 2020

TRIBUN-MEDAN.COM - Praktik daur ulang alat swab antigen di Bandara Internasional Kualanamu ternyata sudah dilakukan sejak Desember 2020.

Polda Sumut menetapkan Business Manager PT Kimia Farma berinisial PC dan empat orang pegawainya sebagai tersangka.

Saat paparan, Kapolda Sumut Irjen Panca Simanjuntak menyebutkan dalam sehari ada 100-200 orang yang menjalani tes usap antigen untuk perjalanan udara.

Stik bekas dikumpulkan pelaku, kemudian dicuci kembali, lalu dikemas ulang dan digunakan oleh para pelaku untuk melakukan tes swab kembali.

"Setiap kali melakukan ini (tes swab biayanya) adalah Rp 200.000 dengan perjanjian kerja sama antara pihak PT Angkasa Pura dan PT Kimia Farma. Mereka membagi hasil, tetapi yang melaksanakan pemeriksaan di sana adalah para pelaku yang bekerja di bidang di kantor Kimia Farma," kata Irjen Panca Simanjuntak.

Menurutnya, proses daur ulang itu tidak memenuhi syarat kesehatan dan standar data yang dipersyaratkan oleh UU tentang Kesehatan.

"Selanjutnya, apakah dia reaktif atau tidak, kembali kepada mereka yang melaksanakan tes swab tersebut. Dari hasil pengungkapan yang dilakukan oleh teman-teman jajaran Ditreskrimsus Polda Sumut, kegiatan ini atau daur ulang ini sudah dilakukan oleh pelaku sejak bulan Desember tahun 2020," tambahnya.

Dari hasil penyelidikan, kegiatan tersebut dilakukan PC selaku Business Manager atau pelaksana tugas kepala Kantor Kimia Farma yang ada di Kota Medan dan dibantu oleh empat orang lainnya, yakni DP, SP, MR, dan RN.

Mereka berempat dikoordinasi oleh PC melakukan daur ulang stik untuk digunakan kembali kepada masyarakat yang akan melakukan tes swab antigen di Bandara Kualanamu. 

Menurutnya, semua kegiatan itu dilakukan di Laboratorium Kimia Farma di Jalan RA Kartini oleh para pelaku.

Halaman
12
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved