Breaking News:

Wabup Deli Serdang Ajak Buruh Tingkatkan Keterampilan untuk Bersaing di Pasar Bebas

Wakil Bupati Deli Serdang berharap peringatan May Day jadi momentum bagi buruh meningkatkan keterampilan dan bersaing di pasar bebas.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar dalam acara Peringatan Hari Buruh Internasional Kabupaten Deli Serdang 2021 di Aula Cadika Jalan Karya Jasa, Desa Tanjung Garbus, Kecamatan Lubuk Pakam, Sabtu (1/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati (wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar berharap menjadikan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) sebagai pendorong bagi seluruh buruh untuk mampu bersaing di pasar bebas.

Menurutnya, hal itu dapat diwujudkan dengan meningkatkan keterampilan kompetensi wawasan dan pengetahuan, sehingga buruh mampu beradaptasi serta bersaing dalam dunia kerja.

Dia mengatakan itu dalam acara Peringatan Hari Buruh Internasional Kabupaten Deli Serdang 2021 di Aula Cadika Jalan Karya Jasa, Desa Tanjung Garbus, Kecamatan Lubuk Pakam, Sabtu (1/5/2021).

“Mari kita terus membangun komunikasi dan sikap saling mengerti antara semua pihak, baik pemerintah, perusahaan, dan buruh agar tercipta kedamaian dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” ungkapnya.

Yusuf menyebut, hal tersebut juga menjadi salah satu cita-cita dalam mewujudkan Deli Serdang  yang maju dan sejahtera.

Dia menegaskan, buruh memiliki peran yang sangat penting. Untuk itu, peringatan ini bisa dijadikan momentum mempertegas komitmen membangun kembali hubungan dunia ketenagakerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha, serta pemerintah.

“Ini juga sekaligus jadi momentum untuk mengurai permasalahan dan gejolak ketenagakerjaan yang dihadapi di era saat ini,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

Yusuf mengatakan, tema May Day 2021 menekankan semua pihak untuk bersinergi dan berinovasi dalam membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya Kabupaten Deli Serdang.

Namun untuk mencapai itu semua, sebutnya, perlu adanya kemitraan yang baik antara pemerintah, pengusaha, dan buruh, sehingga mendorong tumbuhnya peningkatan kesejahteraan para buruh.

“Tantangan buruh yang dihadapi saat ini tidak hanya pada ketersediaan lapangan kerja saja. Lebih dari itu, ialah persaingan di kalangan buruh itu sendiri,” ujarnya mewakili sambutan Bupati Ashari Tambunan.

Oleh karena itu, Yusuf menilai, peningkatan kapasitas buruh harus terus berjalan sehingga para buruh memiliki kemampuan yang andal dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu, perwakilan Serikat Pekerja Bambang Hermanto sebelumnya berterima kasih kepada Bupati Deli Serdang yang memfasilitasi kegiatan May Day dan berharap kerja sama ini terus berlanjut sehingga semua bergerak seimbang.

“Hari Buruh diharapkan membuka kesadaran kita bersama, bahwa membangun bersama itu akan lebih cepat, mendapatkan hasil yang kita harapkan bersama, dan mudah-mudahan kegiatan ini menjadi momentum untuk kita membangun bersama lebih baik lagi,” kata Bambang.

Peringatan hari buruh ini juga dirangkai dengan acara buka puasa bersama, pembagian klaim Jaminan Kesehatan Nasional kepada ahli waris, serta pemberian sembako.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved