Breaking News:

Peringati Hardiknas, AKBAR Sumut Demo Tuntut Pendidikan Gratis Diwujudkan

Dunia pendidikan Indonesia, lanjutnya, semenjak diserahkan pada mekanisme pasar bebas telah menggeser prinsip dari pendidikan itu sendiri.

HO / Tribun Medan
Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Akumulasi Buruh dan Rakyat (AKBAR) Sumut gelar demonstrasi Peringati Hari Pendidikan di Bundaran SIB, Selasa (4/5/2021).  

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Akumulasi Buruh dan Rakyat (AKBAR) Sumut gelar demonstrasi Peringati Hari Pendidikan Nasional di Bundaran SIB, Selasa (4/5/2021). 

Fahmi selaku koordinator aksi menjelaskan dunia pendidikan yang sejatinya adalah hak asasi setiap manusia juga tidak luput dari kebijakan pemerintah yang liberal dan kapitalistik. 

"Pendidikan yang seharusnya menjadi alat untuk memanusiakan manusia dan membebaskan manusia dari belenggu kebodohan, saat ini justru dijadikan alat untuk menciptakan kesadaran palsu untuk percaya kepada liberalisme dan kapitalisme yang menindas," jelasnya kepada Tribun Medan di bundaran SIB. 

Menurutnya melalui praktek komersialisasi dan kapitalisasi dunia pendidikan, rakyat harus bekerja mati-matian untuk dapat menyekolahkan anaknya-anaknya pada lembaga pendidikan yang berkualitas. 

Dunia pendidikan Indonesia, lanjutnya, semenjak diserahkan pada mekanisme pasar bebas telah menggeser prinsip dari pendidikan itu sendiri.

Dunia pendidikan tidak lebih hanya dijadikan sebagai mesin produksi tenaga kerja dengan upah murah untuk kepentingan industrialisasi yang digembar-gemborkan oleh pemerintah. 

Pendidikan Indonesia tidak lagi diarahkan untuk membangun sumber daya manusia yang mengabdi pada kepentingan rakyat. Melainkan hanya mengajarkan untuk tunduk dan patuh pada kepentingan kaum modal. 

Maka dari itu, pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021, AKBAR Sumut mengajak segenap Rakyat untuk kembali menggelorakan api perlawanan terhadap kebijakan Pemerintah yang anti rakyat dan justru berpihak pada kepentingan kuasa modal. 

"Hanya dengan membangun persatuan segenap rakyat tertindas kita dapat memberikan perlawanan yang hebat untuk memperjuangkan kemerdekaan sejati dan menjadi tuan di tanah air kita sendiri tanpa bergantung dan mengemis pada investasi dan hutang luar negeri," sebutnya. 

Tuntutan AKBAR Sumut antara lain : 

Halaman
12
Penulis: Goklas Wisely
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved