Breaking News:

Pascaerupsi, Aktivitas Gunung Sinabung Masih Fluktuatif

Erupsi Sinabung tercatat mengeluarkan material berupa abu vulkanik setinggi kurang lebih 2000 meter dari puncak gunung.

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Pascaterjadinya erupsi Gunung Sinabung pada Kamis (6/5/2021) sekira pukul 11.19 WIB tadi, sampai saat ini aktivitas dari gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini masih terus terpantau fluktuatif.

Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, erupsi Sinabung tercatat mengeluarkan material berupa abu vulkanik setinggi kurang lebih 2000 meter dari puncak gunung.

Saat dikonfirmasi, Ketua Tim Pengamat Gunung Sinabung, Supriyati Dwi Andreastuti, mengungkapkan jika sampai saat ini aktivitas Sinabung masih fluktuatif. Dirinya mengatakan, pihaknya juga mencatat sampai saat ini aktivitas didominasi oleh gempa-gempa guguran dan vulkanik.

"Jadi selama ini erupsi terus berfluktuasi. Untuk saat ini perkembangan aktivitas masih terus fluktuatif. Dan kalau erupsi seperti tadi, itu didominasi oleh gempa vulkanik," ujar Supriyati, saat ditemui di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat.

Baca juga: Sinabung Kembali Alami Peningkatan dan Erupsi, Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

Dengan kondisi yang masih fluktuatif ini, katanya, jika sampai saat ini potensi untuk kembali terjadi erupsi dan guguran masih cukup tinggi. Selain itu, pihaknya juga kembali mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi terjadinya banjir lahar dingin.

"Masyarakat tetap diimbau menjauhi zona merah, dan kemudian waspada banjir lahar di musim hujan seperti saat ini. Jika terjadi curah hujan yang tinggi, masyarakat diimbau untuk menjauhi aliran sungai," ungkapnya.

Supriyati menjelaskan, dalam kurun waktu selama 24 jam terakhir pihaknya mencatat untuk aktivitas erupsi sendiri baru terjadi sebanyak satu kali. Sedangkan untuk aktivitas guguran, tercatat sebanyak puluhan kali dengan jarak luncur yang beragam. (cr4/Tribun-Medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved