Breaking News:

News Video

Pedagang Lemang Tebing Tinggi Ngeluh, Omset Terjun Bebas Karena Sepi Pemudik Melintas

Pedagang lemang yang ada di pinggir Jalinsum kawasan Kota Tebing Tinggi merasakan dampak besar atas adanya kebijakan larangan.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: M.Andimaz Kahfi

Pedagang Lemang Tebing Tinggi Ngeluh, Omset Terjun Bebas Karena Sepi Pemudik Melintas 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pedagang lemang yang ada di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) kawasan Kota Tebing Tinggi merasakan dampak besar atas adanya kebijakan larangan mudik dari Pemerintah saat ini.

Padahal lemang mereka dulu-dulunya, saat musim mudik lebaran kerap kali dijadikan oleh-oleh bagi pemudik.

Ini menjadi tahun kedua bagi mereka mengalami nasib yang kurang beruntung.

"Ya cemana sepi lah yang mudik saja pun ntah mana orangnya. Dulu sempat kita pikir tahun ini mudah-mudahan lah boleh mudik karena tahun lalu sudah nggak boleh, tapi apa lebih ketat lagi kayaknya sekarang ini," kata Ani, pedagang lemang Ani di depan terminal Bandar Kajum, Tebing Tinggi Minggu (9/5/2021).

"Biasanya normalnya bisa dapat 15 batang apalagi kalau musim lebaran kan bisa lebih banyak lagi. Sekarang susah," tambahnya.

Pedagang lemang lainnya, Reni menyebut lemang adalah salah satu dagangan yang memang khusus dicari-cari saat hari besar.

Karena harganya yang masih relatif terjangkau membuat beberapa pemudik biasanya lebih memilih membeli dari pada membuatnya.

Apalagi lemang yang mereka jajakan bisa dibeli dengan tambahan selai.

"Ya kalau buat kan mesti cari bambu lagi makanya banyak yang beli. Sekarang ini cemana sepi lah yang ada. Ditanya harapan pun bingung kalau seperti ini karena nggak boleh mudik. Ya semoga cepat berakhir ajalah corona-corona ini," ujarnya.

Pedagang lemang yang ada di Kota Tebing Tinggi ini menjajakan dagangan di pinggir jalan mulai dari dekat pintu tol Tebing Tinggi hingga ke area terminal Bandar Kajum.

Lokasi ini masih dekat dengan pos penyekatan Polres Tebing Tinggi.

Adanya pos penyekatan ini pun berdampak besar bagi para pedagang.

Pedagang memprediksi ketika ada pemudik yang mungkin mau coba-coba melintas tidak akan fokus lagi sekedar untuk membeli lemang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved