Breaking News:

REAKSI Maladewa setelah Puing Roket China Long March 5B Jatuh di Perairannya

Pasukan Pertahanan Nasional Maladewa (MNDF) sedang menyelidiki pendaratan puing-puing puing roket China Long March 5B di wilayahnya.

kolase/facebook
REAKSI Maladewa setelah Puing Roket China Long March 5B Jatuh di Perairannya . Lokasi jatuhnya puing roket China Long March 5B di Samudra India dekat perairan Maladewa 

TRIBUN-MEDAN.COM - Puing-puing roket China Long March 5B yang telah jatuh kembali ke Bumi dikabarkan sudah memasuki atmosfer Bumi dan hancur di Samudra Hindia.

Sebagian roket tersebut hancur terbakar atmosfer bumi dan sebagian lagi mendarat di lokasi di sebelah barat Maladewa, surga pantai tropis di Samudara India.

"Setelah pemantauan dan analisis, pada pukul 10.24 pagi (02.24 GMT) pada 9 Mei 2021, puing-puing tahap terakhir dari kendaraan peluncur Long March 5B Yao-2 telah kembali memasuki atmosfer," ujar badan antariksa China (China Manned Space Agency/ CMSA ) seperti dilansir media pemerintah China, Minggu.

CMSA menambahkan bahwa sebagian besar puing roket China Long March 5B hancur dan terbakar setelah memasuki atmosfer dan jatuh di 72,47 derajat Bujur Timur dan 2,65 derajat Lintang Utara.

Lokasi jatuhnya puing roket China Long March 5B di Samudra India dekat perairan Maladewa
Terpantau ledakan di lokasi jatuhnya puing roket China Long March 5B di Samudra India dekat perairan Maladewa (kolase/facebook)

Situs pemantauan Space-Track, yang menggunakan data militer AS, juga mengonfirmasi jatuhnya puing roket China Long March 5B di sebelah barat perairan Maladewa.

Pasukan Pertahanan Nasional Maladewa (MNDF) memberikan pernyataan sedang menyelidiki pendaratan puing-puing puing roket China Long March 5B di wilayah mereka.

Melansir times of addu, MNDF menyatakan bahwa mereka menerima informasi tentang bagian-bagian roket yang jatuh di perairan teritorial Maladewa dan Skuadron Penjaga Pantai Area Pusat MNDF saat ini sedang menyelidiki masalah tersebut.

Lokasi jatuhnya puing roket China Long March 5B di Samudra India dekat perairan Maladewa
Lokasi jatuhnya puing roket China Long March 5B di Samudra India dekat perairan Maladewa (google maps)

Sebelumnya Komando Luar Angkasa AS mengatakan dalam sebuah pernyataan, pihaknya mengonfirmasi bahwa Long March 5B sempat melewati Semenanjung Arab.

"Tidak diketahui apakah puing-puing itu berdampak pada tanah atau air," kata Komando Luar Angkasa AS.

Sementara itu, NASA menuding China gagal memenuhi standar atas jatuhnya puing-puing roket China tersebut.

Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved