Breaking News:

Tembakau Deli Diburu Pembeli asal Jerman, Miliki Aroma dan Rasa yang Sangat Berbeda

Sesuai rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP), diprediksi hasil panen tembakau nanti selama 40 hari ke depan akan ada sebanyak 2.450 kg.

HO
Tembakau Deli kini bersinar lagi. PTPN II mulai melakukan penanaman Tembakau Deli di Hamparan Perak karena ada pembeli asal Jerman.(HO) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PTPN II saat ini dalam proses penanaman tembakau di Kebun Helvetia/Kelambir V, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang.

Manager Riset dan Pengembangan (Risbang) Tebu/Tembakau PTPN II, Deliana Telaumbanua menyebutkan bahwa pelaksanaan tanam Tembakau Deli ini sebanyak lima ladang atau empat hektare.

Dikatakan Deliana, sesuai rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP), diprediksi hasil panen tembakau nanti selama 40 hari ke depan akan ada sebanyak 2.450 kg.

Ada pun perinciannya, jumlah hasil Tembakau Deli dari satu ladang sebanyak tujuh bal. Satu bal sebanyak 70 kg. Maka untuk satu ladang sama dengan sebanyak 490 kilogram.

Untuk kali ini, 5 ladang dikali 490 kilogram maka hasilnya sebanyak 2.450 kilogram.

Baca juga: Tembakau Deli Masih Favorit, Harus Mencari Pasar Baru

"Diprediksi, nanti hasil panen, jika dihitung dari jumlah daun Tembakau Deli secara keseluruhan mencapai 1.235.000 daun. Karena yang dikutip per batang tembakau, hanya dikutip 13 daun. Jadi saat ini, maka penjualan dengan sistem lelang PTPN II pihak pembeli dari Bremen Jerman," ungkap Deliana, Minggu (23/5/2021).

Deliana menjelaskan bahwa pembeli asal Jerman tertarik dengan Tembakau Deli lantaran memiliki nilai lebih dari tembakau lain di dunia.

"Tembakau Deli punya aroma yang khas tersendiri dan taisnya (rasanya) sangat berbeda dengan tembakau lainnya. Daun Tembakau Deli mempunyai elastisitas yang tinggi untuk membungkus cerutu," ujarnya.

Usia penyemaian mulai dari pembenihan sekira 40 hari. Dan usia dari tanam ke masa panen selama 40 hari dengan perincian tinggi tembakau dari 1 meter sampai 2 meter.

Namun disebutkan, daun Tembakau Deli paling lama saat pengeraman dan pengeringan di bangsal.

Dikatakan Deliana, pihak PTPN II menanam Tembakau Deli pada sore hari guna menjaga stagnasi/stres dan kerusakan pada tembakau yang baru ditanam.

Untuk jarak tanam, Tembakau Deli memerlukan jarak 45 cm x 50 cm dan jarak gandok sekira satu meter, cara tanamnya diricik dan selanjutnya membuat lobang tanam.

Direktur PTPN II Irwan Perangin-Angin didampingi SEVP OP RM Mulianta Sitepu juga turut mengatakan, tahun 2021 ini menjadi penanaman Tembakau Deli perdana. Ia berharap agar hasil dapat berjalan maksimal.

Disebutkan, selain PTPN II, kali ini PTPN Group juga melakukan penanaman tembakau termasuk PTPN 10.

"Seharusnya PTPN II gelar penanaman tembakau pada bulan Februari lalu, namun karena cuaca kurang baik, maka bulan Mei ini dilakukan penanaman. Diharapkan, hasil Tembakau Deli ini hasilnya bagus dan maksimal," pungkasnya.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved