Breaking News:

Kurangi Antrean Pengurusan KTP, Pemkab Sergai Siapkan Fasilitas Pembantu di 5 Kecamatan

Menurut Akmal, karena panjangannya antrean pengurusan KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Capil, pelayanan pun jadi tidak efektif dan tidak efisien. 

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Liston Damanik
mediacenter.serdangbedagaikab.go.id
Petugas di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Serdangbedagai melayani warga. 

TRIBUN-MEDAN.com, SEIRAMPAH - Pemkab Serdangbedagai menambah lima fasilitas terpadu pengurusan administrasi kependudukan sehingga warga tidak harus mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Serdangbegai, Akmal mengatakan, dalam waktu dekat Pemkab Sergai akan meluncurkan lima fasilitas terpadu di Kecamatan Perbaungan, Teluk Mengkudu, Dolok Merawan, Serbajadi, dan Tebing Syahbandar.

"Pak Bupati ingin pelayanan KTP supaya lebih baik lagi. Supaya jangan menumpuk di Kantor Capil makanya dipilih lima titik simpul Kecamatan untuk pelayanan administrasi kependudukan. Ini termasuk program 100 hari  kerja Pak Bupati dan harus tercapai,"ucap Akmal Kamis, (26/5/2021). 

Menurut Akmal, karena panjangannya antrean pengurusan KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Capil, pelayanan pun jadi tidak efektif dan tidak efisien. 

"Untuk Kecamatan Perbaungan nanti masyarakat dari Kecamatan Pantai Cermin dan Pegajahan cukup ke Perbaungan saja. Enggak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor Capil. Di sana sudah bisa didapatkan pelayanan karena alat-alatnya juga sudah ada dan disediakan dari Capil. Kalau yang di Dinas Capil nanti untuk pengurusan KTP warga Kecamatan Seirampah dan Seibamban," kata Akmal.

Camat Tebing Syahbanda Muhammad Khairi mengatakan, pihaknya telah menerima peralatan pendukung dari Disdukcapil. Ia mengatakan nantinya pegawai Kecamatan tidak terlibat langsung dalam pelayanan ini lantaran akan ada pegawai Disdukcapil yang akan di tempatkan. Khusus Kecamatannya akan melayani juga masyarakat Kecamatan Bandar Khalipah dan Kecamatan Tebingtinggi.

"Ada tenaga honorer dan satu orang PNS Capil nanti sebagai koordinatornya. Kalau kita nggak ikut karena pegawai Kecamatan saja pun kurang. Biasanya cuma merekam KTP bisa di kantor kecamatan sedangkan nyetaknya di Capil. Nanti setelah sudah bisa di Kecamatan lah cuma belum tau kita kapan mulainya," katanya.  (dra/tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved