Breaking News:

Cerita Kuliner

Lezatnya Ayam Cipera, Kuliner Khas Karo yang Terbuat dari Tepung Jagung

Namun, kini Ayam Cipera dapat dengan mudah ditemui di beberapa rumah makan khas Karo di Berastagi, Medan dan sekitarnya.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/HO
Kuliner Ayam Cipera, masakan khas suku Karo 

TRIBUN-MEDAN.com - Berbicara soal Kuliner suku Karo memang tak ada habisnya.  Suku yang mendiami Sumatera Utara (Sumut) ini memang dikenal dengan berbagai makanan tradisionalnya yang lezat dan unik.

Satu diantara yakni Kuliner Ayam Cipera, masakan khas suku Karo satu ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang gurih. 

Uniknya, Ayam Cipera dimasak dengan menggunakan tepung jagung serta beberapa bumbu rempah lainnya. Biasanya Ayam Cipera disantap dengan nasi putih hangat dan sambal.

Ayam Cipera memiliki tekstur kuah yang kental dan daging ayam yang lembut.

Biasanya masakan satu ini dimasak dalam porsi besar di acara tertentu seperti pernikahan, perayaan masuk rumah baru (mengket rumah baru), pesta tahunan dan lainnya.

Namun, kini Ayam Cipera dapat dengan mudah ditemui di beberapa rumah makan khas Karo di Berastagi, Medan dan sekitarnya.

Seorang warga Karo Cindy F Tarigan mengatakan Ayam Cipera biasanya dimasak dengan ayam kampung.

"Lumayan sering masak Ayam Cipera, enggak harus ada acara tertentu, kalau keluarga pengen ya kami buat. Karena kan bumbunya mudah didapat, dan cara masaknya juga mudah. Biasanya kami pakai ayam kampung, supaya makin enak," kata Cindy.

Cindy mengatakan, tepung jagung untuk membuat Ayam Cipera dapat dibeli di tempat membeli ayam kampung, karena biasanya sudah tersedia dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu, tergantung jumlah.

Selain tepung jagung dan ayam kampung, kata Cindy untuk memasak Ayam Cipera juga dibutuhkan beberapa bumbu dapur lainnya seperti Bawang Putih dan Merah, serai, jahe, kunyit, kemiri, kelapa, lengkuas, serai, cikala (buah honje), daun salam, daun jeruk purut, daun bawang, tomat, dan daun kemangi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved