Breaking News:

Konflik PT TPL-Masyarakat Natumingka Belum Temui Titik Terang, Sekda Minta Setiap Pihak Tahan Diri

Pemkab Toba telah membentuk tim verifikasi dan identifikasi tanah adat di Desa Natumingka, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MAURITS PARDOSI
Sekda Kabupaten Toba Audi Murphy Sitorus mengatakan, belum ada titik temu penyelesaian konflik lahan di Desa Natumingka. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Audi Murphy Sitorus menyatakan, belum ada titik terang penyelesaian konflik lahan antara masyarakat Desa Natumingka dengan PT Toba Pulp Lestari.

Ia mengatakan, pertemuan terakhir membahas kasus ini dilakukan pada Kamis (3/6/2021) dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Belum. Belum ada titik terang," ujar Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus, Selasa (15/6/2021).

Ia pun berharap agar PT TPL dan masyarakat Natumingka menahan diri untuk tidak melakukan aktifitas di atas lahan yang dipermasalahkan.

"Kita sudah sepakati kemarin bahwa sebelum penetapan terkait identifikasi atas lahan itu, masing-masing pihak tidak melakukan aktivitas di atas lahan yang dipermasalahkan," terangnya.

Baca juga: Pejabat Kemenhut Sebut TPL akan Angkat Kaki dari Desa Natumingka Jika Begini!

"Saya pikir, kita tetap berpedoman atas apa yang telah disepakati pada pertemuan tanggal 3 Juni 2021 kemarin. Dan, kita harapkan agar menahan diri sebelum ada titik terang dari penyelesaian itu," sambungnya.

Dalam pertemuan antara Forkopimda Toba dan masyarakat adat Natumingka tersebut diperoleh hasil kesepakatan bahwa tanah tersebut akan diidentifikasi dan diverifikasi untuk menjadi tanah ulayat atau tanah adat.

"Jadi di situ masyarakat dengan pemerintah kabupaten dan juga dihadiri Forpimda pada saat itu akan melakukan penetapan masyarakat adat dengan berpedoman pada Perda Nomor 1 tahun 2020 atau Permendagri Nomor 22 tahun 2014," terangnya.

"Dan, sebagai tindakan lanjut dari itu telah diadakan pertemuan antara panitia penjajakan masyarakat adat dan itu kemarin sudah ada pertemuan," sambungnya.

Pemkab Toba telah membentuk tim verifikasi dan identifikasi tanah adat di Desa Natumingka, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba. (cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved