Breaking News:

Akibat Covid-19, RPJMD Kabupaten Langkat Harus Kembali Disesuaikan

Guna peningkatan dan pendorong sektor penunjang kemakmuran. Diantaranya, pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan dan perkebunan. 

Penulis: Satia | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ SATIA
Bupati Langkat Terbit Rencana PA saat membuka Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Langkat 2019-2024, di Ruang Pola, Kantor Bupati, Stabat, Senin (21/6/2021). 

TRIBUN MEDAN.com, LANGKAT-  Dokumen RPJMD Kabupaten Langkat tahun 2019-2024 ditetapkan pada 28 Oktober 2019, namun akibat COVID-19 perlu kembali dilakukan penyesuaian target. 

Bupati Langkat Terbit Rencana PA saat membuka Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Langkat 2019-2024, di Ruang Pola, Kantor Bupati, Stabat, Senin (21/6/2021), menuturkan perubahan capaian indikator tujuan, sasaran, strategi, dan arah kebijakan, serta pengambilan kebijakan pembangunan jangka menengah daerah sebagai upaya pemulihannya. 

Baca juga: Inspektorat Beri Peringatan Ke Dinas Pendidikan Sumut Terkait Pelaksanaan PPDB Yang Kacau

"Sebab akibat COVID-19, Langkat mengalami krisis ekonomi tahun 2020 dengan kontraksi sebesar minus 0,86 persen," kata dia, melalui pelantang suara.

Jadi RPJMD ini, kata Terbit, guna peningkatan dan pendorong sektor penunjang kemakmuran. Diantaranya, pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan dan perkebunan. 

Untuk itu, ia meminta penyusunan RPJMD Perubahan memberikan gambaran jelas visi, misi, tujuan dan strategi serta arah kebijakan pembangunan yang telah dijanjikan kepada masyarakat. 

Sebab, setiap perangkat daerah wajib untuk memahami dan menjabarkan visi rencana pembangunan jangka menengah yaitu menjadikan Langkat yang maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan. 

Selain itu, Terbit menyampaikan enam isu strategis pembangunan Langkat. Yakni kemiskinan, kualitas pendidikan dan kesehatan, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi unggulan, layanan infrastruktur, pengelolaan SDA dan lingkungan hidup, reformasi birokrasi dan pelayanan publik. 

Baca juga: Ditangkap Bersama Sekda Nias Utara karena Narkoba, ASN Kesbangpol Ternyata Sudah Masuk Kantor

Sementara, Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin-angin mengharapkan, melalui Musrenbang ini semua pihak memberikan kontribusi pemikirannya.

Guna membantu menyempurnakan kualitas dokumen perubahan RPJMD Langkat

Selanjutnya, Kepala Bappeda Langkat Rina Wahyuni Marpaung, menjelaskan, tujuan kegiatan ini guna penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategis, arahan kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan pada rancangan awal perubahan RPJMD

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved