Breaking News:

Buah Naga

TERNYATA Batang Buah Naga Bisa Diolah Menjadi Tepung, Begini Cara Membuatnya

Batang buah naga disayat tipis-tipis dan dikeringkan dalam oven selama satu hari dengan suhu 60 derajat celcius

Editor: Royandi Hutasoit
SERAMBI/M ANSHAR
Petani merawat tanaman buah naga (Hylocereus undatus) yang ditanam di bantaran sungai kawasan Lamreueng, Banda Aceh, Rabu (13/3/2013). Selain rasanya yang segar, buah dari tumbuhan jenis kaktus asal Amerika Tengah tersebut juga digunakan sebagai asupan pendamping bagi penderita penyakit kanker, kolesterol, stroke serta demam berdarah. 

TRIBUN-MEDAN.com - Manfaat buah naga banyak untuk kesehatan tubuh Anda. Buah ini berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat, salah satunya kandungan antioksidan.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai macam infeksi penyakit. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan antioksidan, risiko penyakit yang mungkin Anda alami dapat berkurang.

Tak hanya mengandung antioksidan, masih banyak nutrisi penting yang terdapat dalam buah naga. Mengutip dari Pharmeasy, Anda bisa mendapat 3 g protein dan 7 g serat dengan mengonsumsi 227 g buah naga.

Kebutuhan tubuh akan vitamin C, vitamin E, kalsium, dan mineral yang lain juga terpenuhi dengan mengonsumsi buah naga

Manfaat buah naga diatas mungkin sudah banyak kita ketahui, namun bagaimana dengan manfaat batang dari buah naga?

Ternyata batang buah naga juga memiliki banyak manfaat dan kandungan nutrisinya tidak kalah dengan kandungan nutrisi buah naga.

Menurut penelitian yang Universitas Surabaya (Ubaya) batang buah naga memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, antimikroba dan serat yang tinggi.

Tips makan buah naga bagi penderita asam lambung
Tips makan buah naga bagi penderita asam lambung (HO / Tribun Medan)

Namun tingginya kandungan air dari batang buah naga, membuat umur simpannya sangat pendek.

Seorang Mahasiswa Bioteknologi Pangan Fakultas Teknobiologi Ubaya bernama Chriselda Catya Sudono berhasil menjadikan batang buah naga menjadi tepung bahan baku berbagai olahan makanan, puding dan juga susu.

Dikutip dari Antaranews, Chriselda Catya Sudono membuat tepung karena melihat banyaknya batang buah naga yang terbuang padahal kandungan gizinya tidak kalah dari buahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved