Breaking News:

TRIBUNWIKI

Arti Dan Lirik Lagu Karo Erkata Bedil, Pesan Untuk Kekasih Yang Pergi Berperang

Lagu Erkata Bedil adalah salah satu karya Djaga Depari yang memiliki pesan tersirat kepada pemuda agar jangan khawatir selama berjuang.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Ayu Prasandi
youtube
Not Lagu Erkata Bedil 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Lagu Erkata Bedil buah karya komponis nasional asal Tanah Karo, Djaga Depari memiliki pesan yang mendalam di setiap liriknya.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Erkata Bedil artinya Bunyi Senapan.

Lagu ini menceritakan tentang semangat pemuda Karo yang ikut berperang melawan penjajah meski harus berpisah dengan kekasih hatinya.

Baca juga: Perjuangan Ayah Angelina Sondakh Besarkan Cucu, 10 Tahun Sabar Menanti Putrinya Bebas

Lagu Erkata Bedil adalah salah satu karya Djaga Depari yang memiliki pesan tersirat kepada pemuda agar jangan khawatir selama berjuang sebab kekasih atau istrinya, dapat mandiri mencari kebutuhan sendiri. 

Memang perempuan Karo dikenal tidak hanya bekerja di dapur dan mengurus anak, tetapi juga ikut membantu perekonomian keluarga dengan bertani/ berladang dan menjual hasil pertanian.

Selain itu, jika diartikan kata per kata, lagu ini juga sebagai pesan kepada kekasih yang ditinggal berperang agar jangan bersedih, dan rajinlah ke ladang untuk mencari makan. 

Lagu ini juga menyiratkan agar kekasih yang ditinggal tetap mengingat janji mereka, disebutkan kalau lelaki sudah selesai berperang, maka mereka akan bersatu kembali. 

Lelaki dalam lagu ini juga meminta kekasihnya untuk memberikan cincin yang dipakai oleh kekasihnya, sebagai pengikat janji dan penyemangat untuk dirinya ketika berperang kelak.

Baca juga: Perjuangan Ayah Angelina Sondakh Besarkan Cucu, 10 Tahun Sabar Menanti Putrinya Bebas

Erkata Bedil
Karya Djaga Depari

Erkata bedil i kota medan turang la megogo
Ngataken kami maju ngelawan ari oh turang
Tading ijenda si turang besan turang la megogo
rajin kujuma si muat nakan ari o turang

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved