Sekda Mandailing Natal Gozali Pulungan Segera Ditunjuk sebagai Plh Bupati

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara masih menunggu Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelantikan pasangan kepala daerah terpilih.

Facebook/Gozali Pulungan
Sekda Madina Gozali Pulungan akan ditunjuk sebagai Plh Bupati Madina. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelantikan pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020.

Diketahui seluruh tahapan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada 2020 di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) serta Labuhanbatu Selatan (Labusel) telah tuntas.

"SK Mendagri soal pelantikan Madina, Labusel belum turun. Berkas sudah lengkap dari gubernur diteruskan ke Kementerian. Tapi dari Mendagri belum turun," ungkap Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga, Senin (28/6/2021).

"Jadi untuk Madina, kami  sudah siapkan surat penunjukkan Sekda sebagai Plh Bupati. Mudah-mudahan tidak terlalu lama turun surat dari Mendagri, jadi bisa secepatnya bupati terpilihnya dilantik," tambah Rasyid.

Diketahui, Pilkada Labusel dan Pilkada Madina yang berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu, harus berakhir di MK setelah adanya gugatan sengketa hasil Pilkada. Hasilnya MK memerintahkan KPU di dua kabupaten itu agar melaksanakan PSU.

PSU Pilkada Labusel dilakukan di 16 tempat pemungutan suara (TPS), sedangkan PSU Pilkada Madina digelar di tiga TPS. PSU berlangsung pada Sabtu 24 April 2021.

Hasil PSU Pilkada Labusel dimenangi oleh pasangan Edimin-Ahmad Padly Tanjung. Hasil PSU tersebut kembali digugat ke MK oleh pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap.

Namun, kali ini MK menolak gugatan tersebut. MK berpendapat bahwa dalil permohonan yang diajukan pemohon soal adanya pelanggaran pemilihan yang terstruktur, sistematis dan masif tidak dapat dibuktikan, sehingga dinilai tidak beralasan demi hukum

Sementara, PSU Pilkada Madina pasangan Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi unggul dari pasangan Dahlan Hasan Nasution-Azwin. 

Hasil perolehan suara di 3 TPS yang melaksanakan PSU dan 1.005 TPS lainnya, pasangan Jakfar-Atika memeroleh 79.156 suara, dan pasangan Dahlan-Aswin mendapat 79.002 suara.

Hasil PSU Pilkada Madina ini pun kembali digugat ke MK. Tetapi pada 3 Juni 2021 lalu, MK memutuskan menolak permohonan pasangan Dahlan-Aswin. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved