Breaking News:

Gunung Sinabung

ERUPSI Gunung Sinabung Kamis 1 Juli Hari Ini, Meluncurkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Berdasarkan informasi yang didapat, peningkatan aktivitas Sinabung ini ditunjukkan dengan kembalinya terjadi erupsi.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/HO
Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Kamis (1/7/2021) sekira pukul 11.51 WIB. (TRIBUN MEDAN/HO) 

Sinabung Kembali Erupsi, Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, kembali mengalami peningkatan aktivitas, Kamis (1/7/2021).

Berdasarkan informasi yang didapat, peningkatan aktivitas Sinabung ini ditunjukkan dengan kembalinya terjadi erupsi.

Saat dikonfirmasi, petugas pengamat Gunung Sinabung Armen Putra membenarkan peningkatan aktivitas vulkanik dari dalam perut Gunung Sinabung ini. Dirinya mengatakan, pada erupsi kali ini terjadi sekira pukul 11.51 WIB.

"Ya benar hari ini Sinabung kembali erupsi sekira pukul 11.51 WIB tadi," ujar Armen.

Berdasarkan data yang didapat dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, pada erupsi ini Sinabung mengeluarkan material berupa abu vulkanik setinggi kurang lebih 800 meter dari puncak gunung. Berdasarkan pengamatan, kolom abu condong mengarah ke arah barat dan barat daya.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 101 mm dan durasi kurang lebih satu menit 28 detik," ungkapnya.

Ketika ditanya apakah hari ini aktivitas meningkat drastis, Armen menjelaskan jika aktivitas saat ini masih cukup sama dengan kemarin. Namun, dirinya menjelaskan jika erupsi ini diduga karena adanya dorongan pada bagian yang sempat terlihat selama ini.

"Ini masih seperti hembusan namun mendorong material yang sempat tertahan, sehingga tekanannya menjadi cukup besar," ucapnya.

Namun begitu, Armen menjelaskan jika sampai saat ini aktivitas dari gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini masih cukup tinggi. Dirinya menyebutkan, saat ini aktivitas didominasi oleh berbagai jenis kegempaan seperti low frekuensi, gempa hybrid, dan tektonik jauh.

"Kubah lava juga masih cukup besar, dan aktivitas juga masih cukup tinggi," ucapnya.

Untuk itu, dirinya kembali mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada. Dirinya mengatakan pihaknya juga meminta tidak memasuki zona merah yang telah ditentukan.

(cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved