Breaking News:

GEMPA Beruntun Melanda Pulau Samosir hingga 12 Kali

Pulau Samosir di Provinsi Sumatra Utara diguncang 12 kali gempa bumi sejak Kamis (1/7/2021) dini hari hingga siang ini.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/HO
Pulau Samosir di Provinsi Sumatra Utara diguncang 12 kali gempa bumi sejak Kamis (1/7/2021) dini hari hingga siang ini. Guncangan yang terjadi merupakan gempa lokal atau disebut dengan istilan swarm. (Tribun-medan.com/HO) 

Pulau Samosir Gempa Beruntun Hingga 12 Kali

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pulau Samosir di Provinsi Sumatera Utara diguncang 12 kali gempa bumi sejak Kamis (1/7/2021) dini hari hingga siang ini.

Guncangan yang terjadi merupakan gempa lokal atau disebut dengan istilan swarm.

Petugas On Duty BMKG Wilayah I Medan Enjelia Sinuraya mengatakan, sumber kegempaan Samosir tersebut diasumsikan sebagai Dike Swarm.

"Ini masih diperlukan kajian lebih lanjut. Masyarakat kami imbau tetap tenang dan tidak perlu panik. Silakan akses situs atau konfirmasi ke BMKG," ujarnya pada Kamis (1/7/2021).

Menurutnya, hasil analisa PGR 1 Medan, kejadian gempa bumi di Kabupaten Samosir sejak 23 Januari hingga 1 Juli 2021 Pukul 11.00 WIB tercatat mencapai 259 kegempaan.

"Variasi kejadian gempa bumi yang terjadi kategori gempa dangkal dan sangat lokal. Istilah ini kita sebut dengan swarm, yaitu frekuensi gempa yang sering terjadi dalam skala kecil," katanya.

(Jun-tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved