Breaking News:

Khazanah Islam

Doa Terhindar dari Hoax, Fitnah Dajjal, UAH : Amalan Ini Sangat Penting Dibaca sebelum Salam

Allahumma inni audzubika min ‘adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal

Penulis: Dedy Kurniawan | Editor: Dedy Kurniawan
Ist
Doa sebelum salam dianggap waktu paling mustajab. 

TRIBUN-MEDAN.com - Doa merupakan senjata pemungkas umat Islam. Di masa akhir zaman menurut literasi Islam, dianjurkan mengamalkan doa yang dibaca saat sholat (salat) yakni sebelum mengucapkan salam.

Doa ini dibaca untuk memohon ampun dan perlindungan dari azab, azab kubur, fitnah, hoax, dan kejahatan Dajjal. Bahkan doa ini begitu sangat penting diamalkan di saat masa-masa sulit pandemik Covid-19.

Ustad Adi Hidayat menjelaskan, jika saat tahiyat akhir sebelum salam mintalah empat hal berikut. Memanjatkan doa sebelum salam dianggap waktu paling mustajab.

Menurutnya biasanya manusia meminta hal-hal duniawi seperti rezeki, kesehatan, kaya, dan sebagainya. Namun menurutnya, Rasulullah menganjurkan umat Islam agar meminta empat hal yang sangat penting, seperti  dari video yang diunggah kanal YouTube Afterlife Fighters, 30 Mei 2020:

1. Berlindung dari siksa neraka jahannam

2. Fitnah siksa kubur

3. Fitnah kehidupan dan kematian

4. Fitnah dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

“Allahumma inni audzubika min ‘adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal,".

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam, dari fitnah kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al-masikh ad-Dajjal (HR Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

"Alkisah, doa ini sangat penting, kata Ustadz Adi Hidayat, Imam An Nawai Thous punya anak dan setelah anaknya sholat ia bertanya apakah kamu mengucapkan doa diatas, kata anaknya 'lha (tidak)', lalu kemudian ia menyuruh anaknya salat lagi," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Saking pentingnya doa ini disuruh salat lagi, ada perhatian orang tua yang sangat dalam pada anaknya, orang tua ingin anaknya selamat dari fitnah, orang tua ingin anaknya jadi sholeh, orang tua mana yang tidak ingin anaknya hidup bahagia, orang tua mana yang tidak ingin anaknya tidak saleh, karena itu ketika anaknya tidak menjalankan ini, disuruh ulang lagi sama bapaknya," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Semua yang Allah tanamkan itu punya batasan yang kita lihat sekarang terus menghilang, telinga punya keterbatasan semakin menjauh semakin tidak terdengar, pikiran juga punya keterbatasan, kenapa akal tidak ingin punya batas pasti terbatas, karena itu Allah kasih jalan iman dulu, nanti kalau iman sudah jalan hati dilembutkan hikmah datang dan akal mengikuti," paparnya.

Karena kita yakin, maka dari itu kita harus siap-siap. Artinya kita harus mempersiapkan bekal kita di dunia untuk ke surga. Ongkosnya cukup mudah, bekalnya salah satunya ialah mengamalkan doa empat hal tadi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved