Breaking News:

Khazanah Islam

Doa dan Adab di Memasak, Resep Makanan Chef Andalan Keluarga Jadi Lebih Nikmat dan Berkah

Barang siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya (menyempurnakan wudhu dengan memperhatikan fardhu dan sunah-sunahnya)

Penulis: Dedy Kurniawan | Editor: Dedy Kurniawan
Ist
bumbu masakan islam 

TRIBUN-MEDAN.com -  Setiap aktivitas dalam Islam akan dihitung sebagai pahala amal baik ketika dilakukan dengan niat dan berdzikir kepada Allah.

Termasuk memasak di dapur, merupakan aktivitas penting dalam sebuah keluarga. Karena masakan sebagai rezeki dari Allah sebagai rahmatNya. 

Makanan yang halal, lalu  diolah dengan adab, doa dan dzikir akan memberikan manfaat lebih dan ridho Allah.

Untuk itu, dalam Islam telah diajarkan adab di dapur. Masakan enak saja belum cukup, karena kita mengharapkan keberkahan di dalam doa yang dibaca, agar keluarga kita sehat dan kuat. 

Di dapur sekalipun kita dianjurkan senantiasa mengingat Allah, agar terhindar dari kecelakaan saat memasak. Dengan adab dan doa di dapur, insyaalllah akan diberi perlindungan oleh Allah.

Selain itu, dengan doa dan dzikir di dapur akan mendatangkan kenikamatan rasa pada masakan yang diracik dan diolah sedemikian rupa. Seungguhnya rasa dan kenikmatan datangnya dari Allah.

islam dapur
islam dapur (Ist)

Berikut Tata Adab dan Doa Memasak 

1. Dianjurkan Berwudhu sebelum memasak

Nabi Muhammad bersabda : Barang siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya (menyempurnakan wudhu dengan memperhatikan fardhu dan sunah-sunahnya), maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya.(HR Muslim).

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلي الله عليه وسلم :” اذا توضأ العبد المسلم أو المؤمن فغسل وجهه خرج من وجهه كل خطيئة نظر اليه بعينه مع الماء أو مع أخر قطر الماء.فإذا غسل يديه خرج من يديه كل خطيئة كان بطشتها يداه مع الماء أو مع أخر قطر الماء . فإذا غسل رجليه خرجت كل خطيئة مشتها رجلاه مع الماء أو مع أخر قطر الماء حتي يخرج نقيا من الذنوب .” (( رواه مسلم

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved