Breaking News:

Pemkab Simalungun Tak Punya Uang, Warga Hatonduhan Terpaksa Gotong Royong Perbaiki Jalan

Aksi ini dilatari setelah mendapat kabar tidak adanya anggaran Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk perbaikan infrastruktur jalan.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Royandi Hutasoit
Tribun Medan - Alija Magribi
Kegiatan gotong royong Marharoan Bolon masyarakat Nagori Buntu Turunan memperbaiki jalan desa mereka, Rabu (14/7/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Masyarakat Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun menggelar Marharoan Bolon atau gotong royong untuk memperbaiki jalan rusak di desa mereka. 

Aksi ini dilatari setelah mendapat kabar tidak adanya anggaran Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk perbaikan infrastruktur jalan.

Jajaran Nagori Buntu Turunan bersama warga memperbaiki akses jalan rusak di desa mereka yang cukup parah dengan bekerjasama para pengusaha di desa.

"Kegiatan ini kita laksanakan pada saat pemerintah Kabupaten Simalungun mengatakan bahwa anggaran Kabupaten Simalungun tidak ada untuk memperbaiki jalan di Nagori Buntu Turunan," ucap Pangulu Nagori - Roberton Nainggolan.

Kecamatan Hatonduhan sendiri merupakan kawasan terluar dari Kabupaten Simalungun. Letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Asahan dan merupakan jalur menuju destinasi Danau Toba.

Dari sejumlah titik kerusakan jalan yang ada di Nagori Buntu Turunan, masyarakat bersama pemangku kepentingan sementara hanya mampu memperbaiki sepanjang 170 meter.

Sisanya bergantung sumbangan yang dikumpulkan kemudian hari.

"Berdasarkan itulah kita bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha di Nagori Buntu Turunan dan Bosar Nauli. Kalau tidak diperbaiki maka jalan akan sulit kita lalui," katanya.

Sumbangan untuk pelaksanaan program Marharoan Bolon ini menjadi dana kesepakatan untuk pengadaan aspal di desa mereka. 

"Dana kesepakatan itu untuk mengaspal sendiri jalan ini. Karena sudah lama tidak diperhatikan jakan ini, jalan menuju destinasi Danau Toba," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved