Breaking News:

Buah Naga

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Hambat Kanker dan Lembabkan Kulit

Buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90% dari berat buah

Editor: Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com - Buah naga rasanya manis dan memiliki warna putih dan merah, berasal dari Meksiko. Buah naga mempunyai tekstur yang kasar tapi kaya akan kandungan air sehingga mudah dicerna.

Dragon Fruit (Hylocereus sp.) merupakan tanaman jenis kaktus yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia Utara dan di Okinawa, dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah.

Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau.

Kebiasaan inilah yang membuat buah tersebut di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai Thang Loy (Buah Naga).

Istilah Thang Loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai Dragon Fruit (Buah Naga).

Tanaman yang awalnya dikenal sebagai tanaman hias ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi karena diyakini memiliki banyak manfaat.

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan pria
Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan pria (HO / Tribun Medan)

Buah naga disebut juga sebagai buah mutiara naga karena terdapat bintik-bintik pada daging buahnya.

Buahnya berkhasiat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, mencegah kanker usus, penguat fungsi ginjal dan tulang, pelindung kesehatan mulut, pencegah pendarahan dan gejala keputihan, menguatkan daya kerja otak dan meningkatkan ketajaman mata.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved