Breaking News:

Covid Delta Telah Masuk Sumut, Gubernur Edy Ungkap Asal Penularannya!

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyatakan bahwa kasus Covid-19 varian Delta telah ditemukan di Sumut.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Personel TNI-AD membantu mengatur lalu lintas saat dilakukannya pengalihan arus di Jalan Sudirman, Medan, Rabu (14/7/2021). Pengalihan arus sebanyak 10 titik jalan pusat kota dan 8 titik di perbatasan merupakan penerapan PPKM darurat, upaya meredam angka penularan Covid-19 di Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyatakan bahwa kasus Covid-19 varian Delta telah ditemukan di Sumut.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy saat rapat evaluasi perkembangan PPKM Darurat yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto secara virtual pada Sabtu (17/7/2021).

Menurut Edy, Covid-19 varian Delta dibawa oleh 18 orang anak buah kapal (ABK) yang berlabuh di Belawan.

Para ABK yang terinfeksi varian tersebut diketahui bukan merupakan warga Sumut.

Bahkan dua di antaranya masih menjalani perawatan, sedangkan sisanya telah selesai menjalani isolasi.

"Dapat kita laporkan Pak Menko, di Sumut telah terdeteksi varian Delta yang dibawa 18 awak ABK di Belawan. Mereka ini sering berpindah-pindah dan juga bukan warga Sumut, dua di antaranya adalah warga Jakarta," ucap Edy, di Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman, Medan, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, mantan Pangkostrad itu turut melaporkan, bahwa Pemprov Sumut mengalami kesulitan mendeteksi masuknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal ke Sumut.

Baca juga: Pemko Medan Siap-Siap Bangun RS Darurat untuk Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

Umumnya para  PMI ilegal itu masuk ke Sumut melalui jalur laut tak resmi yang dibawa oleh para nelayan dari Malaysia. 

"Oleh karena itu, kami mohon bantuan arahan serta kebijakan yang harus dilakukan mengenai PMI ini, kita khawatir lonjakan ini terus terjadi karena dibawa PMI yang masuk ke Sumut," ucapnya.

Edy juga menyampaikan, bahwa Pemprov Sumut bersama Forkopimda Sumut terus memberikan edukasi dan memberlakukan penyekatan ruas jalan, terkait penerapan PPKM Darurat di Kota Medan dan PPKM Diperketat di Kota Sibolga. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved