Breaking News:

Kasus Positif Covid-19 di Samosir Bertambah, Kini Sudah Mencapai 863 Kasus

Selain  kasus baru, pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 9 orang. Setelah dijumlahkan, maka  kumulatif konfirmasi positif 863 kasus.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
Tribun-Medan.com/Arjuna Bakkara
Petugas menunjukkan alat medis yang dipakai untuk mengukur suhu tubuh pengunjung yang baru tiba di Pelabuhan Lopo Tomok, Samosir, Senin (23/3/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir pada hari Senin (19/7/2021), tambah 24 kasus baru.

Selain  kasus baru, pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 9 orang. Setelah dijumlahkan, maka  kumulatif konfirmasi positif 863 kasus.

Dari penuturan pihak Kominfo Kabupaten Samosir, persentase kasus aktif sebesar 44.48%, sembuh 52.95%, dan meninggal dunia 2.20%.

"Selisih antara sembuh dan kasus aktif hanya sekitar 8.47%. Tantangan penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir untuk penurunan kasus aktif masih sangat tinggi," ujar Kadis Kominfo Kabupaten Samosir Rohani Bakkara pada Selasa (20/7/2021).

"Oleh karena itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir tetap berupaya keras untuk memberhasilkan PPKM berbasis mikro di seluruh desa/ dusun," sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan tetap dilaksanakan Satgas Covid-19 dusun/ desa/ kecamatan.

"Untuk Kecamatan Onanrunggu/ Nainggolan/Simanindo tetap melakukan penjagaan kedatangan ferry dan/atau kapal kayu sesuai jadwal pada pintu masuk pelabuhan dan memastikan syarat-syarat masuk dipatuhi oleh pelaku perjalanan dari luar Kabupaten Samosir dan hal sama juga dilakukan Satgas desa/ kecamatan Harian pada pintu masuk jalur darat Tele," sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa setiap Satgas Covid-19 Dusun/ Desa/ Kecamatan melanjutkan tracing (telusur kontrak erat) dari warga yang konfirmasi positif.

Tidak hanya tracing, Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan juga melakukan pemantauan terhadap warga yang melaksanakan isolasi mandiri dan pelaku perjalanan yang masuk ke desa/dusun.

"Untuk penanganan dan pembantuan Covid-19, Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan Palipi melaksanakan pemakaman jenazah terpapar Covid-19 di Lumban Malau, Dusun 3, Desa Simbolon Purba, Minggu (18/7/2021)," tuturnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved