Breaking News:

53 Orang Nakes Puskesmas Padang Bulan Segera Disuntik Vaksin Moderna

Vaksin Moderna tiba di Sumut pada Kamis (29/7/2021). Vaksin ini direncanakan akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Liston Damanik
dok
Ilustrasi Vaksin Moderna 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Vaksin Moderna tiba di Sumut pada Kamis (29/7/2021). Vaksin ini direncanakan akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. 

Kepala Puskesmas Padang Bulan, drg Sufania mengatakan sebanyak 53 tenaga kesehatan di Puskesmas ini akan menerima vaksin Moderna. 

"Kalau Moderna kami belum ada informasi detilnya, tapi memang sudah diberitahu akan ada vaksinasi ketiga untuk nakes. Tapi kita tunggu sajalah informasi dari Kepala Dinas Kesehatan. Kalau di sini yang akan menerima Vaksin Moderna ada 53 orang," ujar drg Sufania, Jumat (30/7/2021). 

Dikatakannya, nantinya sebelum vaksinasi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti biasa. 

"Tapi nanti kan ada skrining, belum tentu 53 itu akan menerima vaksin Moderna semua," katanya. 

Sementara itu, sejak pertengahan Bulan Juli 2021 lalu, Sufania mengaku stok vaksin di Puskesmas Padang Bulan kosong. 

"Saat ini stok vaksin lagi kosong, jadi kita tidak melakukan vaksinasi yang kedua, apalagi yang pertama. Jadi kita tunggulah insyaallah awal Agustus katanya sudah bisa melaksanakan vaksin ini," tuturnya. 

Ia mengaku di Puskesmas Padang Bulan lebih kurang 10 hari stok vaksin kosong. 

"Karena kebetulan kita enggak nyangka yang mau vaksin pertama di Bulan Juli itu kok rame, sehingga tidak terkontrol lagi, sehingga tanpa disadari vaksin itu kosong. Jadi ketika kita minta ke Dinkes mereka juga mendrop ke Puskesmas lain yang begitu banyaknya orang yang mau divaksin," jelasnya. 

Ia mengatakan ratusan warga yang telah menerima dosis pertama vaksin seharusnya mendapatkan vaksin kedua di Bulan Juli ini. Namun, kata dia, karena stok banyak terpakai pada vaksin pertama di Bulan Juli sehingga stok yang sudah dibuat untuk yang bukan vaksin kedua terpaksa dilayani yang begitu antusiasnya orang mau vaksin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved