Breaking News:

News Video

Bobby Nasution Bantah Tabung Oksigen Langka di Medan, Yang Sulit Dicari Adalah Obat Antivirus

Wali Kota Medan Bobby Nasution membantah adanya kelangkaan tabung oksigen medis di Kota Medan.

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution membantah adanya kelangkaan tabung oksigen medis di Kota Medan.

"Tidak langka, soalnya itu kita aplikasinya itu jelas, aplikasi dari Kemenkes itu jelas ada, dan bisa dimonitoring. Dan kemarin saya minta dimonitoring, penggunaan tabungnya apakah alatnya mengisi atau tidak," ujar Bobby di Balai Kota Medan, Jumat (30/7/2021).

Ia menuturkan, sampai saat ini pihaknya belum ada menemukan Rumah Sakit yang kehabisan tabung oksigen medis.

Saat ini, kata Bobby, yang mulai sulit dicari adalah obat antivirus.

"Belum ada kelangkaan, belum ada sejauh ini kita dengar kesulitan tabung oksigen di Rumah Sakit. Yang agak sedikit hilang di pasaran itu bukan oksigen, tapi obat anti virus yang mulai agak hilang, cuma ini kita minta agar disampaikan kepada Kemenkes bagaimana penanganannya, memang di tempat produksinya nanti yang akan berbarengan dengan vaksinasi," katanya.

Mengenai apakah ada temuan penimbunan tabung oksigen di lapangan, Bobby juga memastikan belum ada penemuan oknum yang melakukan penimbunan.

"Kalau penimbunan kami rasa tidak ada, karena efek pimpong ini bahasanya sangat dalam sekali. Semuanya itu bisa dibicarakan dari situ. Ketika kemarin Jawa dan Bali itu langka tabung oksigen, kebanyakan disuplai ke sana, jadi dibagi rata. Efeknya sekarang, untuk menjaga itu makanya ada aplikasi untuk memonitoring itu," pungkasnya.

Sebelumnya Warga Medan mulai kesulitan mencari tabung oksigen medis di tengah pandemi Covid-19 yang kian mengganas.

Linda, petugas toko alat-alat kesehatan PT Metrum Alkestron di Jalan Raden Saleh, Medan, mengatakan sejak tiga pekan terakhir  tabung oksigen telah habis, sementara permintaan masyarakat meningkat.

Selain tabung, alat pendukung seperti regulator pun sudah lama tidak tersedia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved