Breaking News:

BRI Gelar Expo Ajak UMKM Tembus Pasar Global

... UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China,...

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
HO
Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto dalam pegelaran virtual industri kreatif UMKM pada Rabu (4/8/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bagi BRI dan para pelaku UMKM, pandemi bukan halangan untuk segera bangkit. Peran UMKM Indonesia sangat penting sebagai penggerak utama ekonomi nasional. Untuk itu BRI akan selalu hadir untuk memacu kinerja pelaku usaha di sektor UMKM melalui program Brilianpreneur.

Dalam pegelaran pameran virtual industri kreatif UMKM pada Rabu (4/8), Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa acara yang dihelat ini juga menjadi stimulus bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform digital seperti PaDi UMKM, Shopee, Tokopedia dan BliBli.

“Harapannya melalui kegiatan ini pelaku UMKM kini mampu menjadikan bisnis mereka lebih modern (Go Modern), menerapkan digitalisasi (Go Digital), serta memperluas jejaring pasar daring (Go Online) yang pada ujungnya Tidak hanya mampu bersaing di pasar lokal, UMKM binaan juga berhasil menembus pasar dunia sebagai UMKM Ekspor (Go Global),” tutur Catur.

Baca juga: Omzet Tenant Anjlok 90 Persen, Gerai Mal Bebas Biaya Sewa

Ia juga mengharapkan melalui program Brilianpreneur terjadi business matching yang menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu bermanfaat pula sebagai sarana transfer knowledge bagi UMKM untuk menembus pasar ekspor.

 Dengan BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur, UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat dan lainnya.

Event ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara virtual lainnya seperti Webinar, Podcast, Coaching Clinic, Fashion Show, Product Showcase, Bazaar, Lelang Designer, Music Performance, Movie Launching, JATIM Food Festival, dan Donasi.

Kegiatan ini tidak hanya dapat diikuti melalui website dan e-commerce, tapi dapat diikuti di sosial media dengan berbagai macam aktivitasnya.

Dalam acara ini, BRI pun mempermudah akses transaksi di e-commerce menggunakan pembayaran daring seperti BRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI.

Nasabah akan mendapatkan diskon dan cashback untuk setiap transaksi yang menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, e-Pay dan Direct Debit BRI.

Selama rangkaian acara tersedia pula berbagai promo menarik jika melakukan pembelian produk UMKM via e-commerce yang telah bekerjasama. Promo dibagi menjadi program pre-event, program reguler day, program peak day, dan program post-event.

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan salah satu dari rangkaian Lokal Keren Jatim. “Kegiatan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Lokal Keren Jatim bertujuan membangun semangat dan aksi mencintai, mengapresiasi, menggunakan dan mengembangkan produk dalam negeri khususnya sektor UMKM di kalangan masyarakat umum,” tutur Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting.

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan penuh sejak tanggal 1-31 Agustus 2021 dan merupakan wujud nyata upaya BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Seperti diketahui, BBI dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

Adapun pemerintah melalui Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Loto juga mengatakan melalui gerakan BBI ini harapannya masyarakat semakin mencintai, mengapresiasi, dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya produksi UMKM.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved