Breaking News:

Olah Makanan Bergizi untuk Anak, Fakultas Keperawatan USU Gelar Pelatihan Penggunaan Aplikasi SUNTIK

Kegiatan ini mengambarkan tentang bagaimana cara melakukan pengolahan terhadap makanan yang praktis, bergizi dan sehat untuk dibawa oleh anak

Editor: Ismail
Dok. Fakultas Keperawatan USU
Fakultas Keperawatan USU yang wakili oleh Nunung Febriany S. , Skep., Ns. MNS sebagai ketua tim dan beranggotakan Dr. Siti Zahara Nasution, S.Kp, MNS dan Niskarto Zendrato, S. Kom., M. Kom melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada tanggal 29 Juli 2021 yang bertempat di TK MBPI Jalan Madrasah Delitua yang turut di hadiri oleh 40 peserta diantaranya ibu ibu yang mempunyai anak di TK MBPI tersebut. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Fakultas Keperawatan USU yang wakili oleh Nunung Febriany S. , Skep., Ns. MNS sebagai ketua tim dan beranggotakan Dr. Siti Zahara Nasution, S.Kp, MNS dan Niskarto Zendrato, S. Kom., M. Kom melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada, Kamis (29/7/2021) yang lalu, bertempat di TK MBPI Jalan Madrasah Delitua yang turut di hadiri oleh 40 peserta di antaranya ibu-ibu yang mempunyai anak di TK MBPI tersebut.

Untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan tersebut di bagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dilaksanakan pada jam 09.00 hingga jam 11.00 WIB, sedangkan sesi kedua dilaksanakan pada jam 11.00 hingga 13.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan bentuk dari tri dharma perguruan tinggi Fakultas Keperawatan dan Fasilkom TI yang mendapat dukungan penuh dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat dan USU.

Kegiatan ini mengambarkan tentang bagaimana cara melakukan pengolahan terhadap makanan yang praktis, bergizi dan sehat untuk dibawa oleh anak TK ketika bersekolah melalui media aplikasi Chatbot SUNTIK ( Snack Sehat Untuk Adik adik TK) dan aplikasi https://www.suntik.online/ yang diperkenalkan ke ibu-ibu tersebut.

Ibu-ibu bisa melakukan pencarian pembuatan menu tersebut dengan masuk ke web https://www.suntik.online lalu memilih menu apa yang akan di buat untuk snack anaknya yang akan bersekolah pagi ini.

Dalam pemberian makanan bergizi, orang tua sangat berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, selain itu pemberian makanan bergizi juga penting untuk kesehatan anak. Semestinya anak mendapatkan makanan yang bergizi dari prinsip 4 sehat 5 sempurna (nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buahbuahan, dan susu).

Oleh sebab itu makanan yang seimbang bagi kebutuhan anak, seimbang nutrisi dan nilai gizinya sangat diperlukan bagi anak-anak semasa pertumbuhan dan perkembangan karena anak merupakan investasi sumber daya manusia (SDM) yang memerlukan perhatian khusus untuk kecukupan status gizinya sejak lahir, bahkan hal ini merupakan fondasi yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraannya di masa depan.

Balita akan sehat jika sejak awal kehidupannya sudah diberi makanan sehat dan seimbang sehingga kualitas SDM yang dihasilkan optimal.

Zat gizi dari makanan merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan anak tumbuh kembang optimal sehingga dapat mencapai kesehatan yang paripurna, yaitu sehat fisik, sehat mental, dan sehat sosial.

Oleh karena itu, slogan umum bahwa pencegahan adalah upaya terbaik dan lebih efektif-efisien daripada pengobatan, harus benar-benar dilaksanakan untuk mencegah terjadinya masalah gizi pada anak. Hal ini pula yang menjadi tujuan utama Millennium Development Goals (MDGs) tahun 2015 yang dicanangkan UNICEF.

Setiap harinya, anak membutuhkan gizi seimbang yang terdiri dari asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Asupan kandungan gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi yang berguna untuk pertumbuhan otak (intelegensia) dan pertumbuhan fisik.

Untuk mengetahui status gizi dan kesehatan anak secara menyeluruh dapat dilihat mulai dari penampilan umum (berat badan dan tinggi badan), tanda-tanda fisik, motorik, fungsional, emosi dan kognisi anak

Dalam sambutannya, Kepsek Tk MBPI Kecamatan Delitua Hj. Rezkiyah S.Pd mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu ibu-ibu dalam membuat menu makanan pada anak-anak mereka yang bersekolah. Dan berharap kegiatan ini dapat juga disosialisasikan di daerah lainnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved