Breaking News:

Lirik Lagu Batak

Lirik dan Chord Gitar Lagu Batak Jamila yang Dipopulerkan Viky Sianipar, Cerita Janda Seperti Gadis

Lagu ini semakin menggemparkan musik nusantara usai diaransemen oleh maestro muda Viky Sianipar ft Alsant Nababan pada 2014 silam dalam albumnya

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Lagu lagu hits Batak berjudul 'Jamila' dipopulerkan Viky Sianipar   

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Lirik lagu dan Chord gitar lagu hits Batak berjudul 'Jamila' yang bisa membuat tubuh bergoyang. 

Lagu ini semakin menggemparkan musik nusantara usai diaransemen oleh maestro muda Viky Sianipar ft Alsant Nababan pada 2014 silam dalam album Toba Dream Vol. 4.

Dengan perpaduan musik modern elektrik dengan gondang membuat lagu ini tak hanya viral di kalangan suku Batak, namun juga sering dinyanyikan non-Batak di seluruh Indonesia.

Musisi Batak Martogi Sitohang menceritakan sejarah Lagu Jamila ini yang awalnya lahir berasal dari Lagu O Dunia. Lalu oleh yang bersangkutan lagu O Dunia tersebut digubah liriknya.

Martogi menceritakan sejarah lagu tersebut dimana awalnya tanggal 17 Juni tahun 1956 adalah perjanjian kesepakatan Kolonel Maludin Simbolon dengan pasukannya untuk melanjutkan perjuangan PRRI.

Inilah yang menjadi sejarah terciptanya lagu O Dunia oleh guru Guntur Sitohang yang ikut bergabung dengan pasukan Simbolon.

Setelah pemerintah Indonesia berdamai dengan PRRI dan menerima anggota PRRI boleh masuk PNS maupun melanjutkan karir militer, Bapak Guntur Sitohang pun masuk menjadi guru sekolah di kecamatan Harianboho Samosir.

Pada tahun 1970-an film Jamila dari India booming di Sumatera Utara dan Roy sagala (masih sempat lama bersama saya) mengganti lirik Lagu O Dunia menjadi Jamila.

Tokoh Jamila dalam opera Batak adalah Rusmala boru Sitohang (masih hidup sekarang) di jakarta.

Berikut Lirik dan Chord Gitar lagu hits batak berjudul 'Jamila'

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved