Breaking News:

Korban Longsor Lau Bawang Karo Terima Bantuan Sosial Rp 15 Juta dan Perabot

Pemerintah menyerahkan bantuan bagi warga yang menjadi korban bencana tanah longsor, di Dusun Lau Bawang.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
Korban bencana tanah longsor Dusun Lau Bawang, di Pendopo Rumah Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe menerima bantuan dari pemerintah, Selasa (31/8/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Pemerintah menyerahkan bantuan bagi warga yang menjadi korban bencana tanah longsor, di Dusun Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe. Pemberian santunan ini, dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Selasa (31/8/2021).

Pejabat Pemprov Sumatera Utara Manna Wasalwa Lubis mengatakan, untuk meringankan beban dari para korban Pemprov hadir dengan memberikan santunan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Dirinya mengungkapkan, dari Pemprov menyalurkan santunan berupa biaya sebesar Rp 15 juta rupiah untuk korban yang meninggal pada peristiwa nahas itu. Dirinya menyebutkan, untuk korban yang selamat dan mengalami luka pihaknya menyalurkan santunan sebesar lima juta rupiah.

"Atas kejadian ini kita melaporkan kepada Kementerian Sosial, dan bekerjasama menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana longsor di Kabupaten Karo," ujar Manna.

Manna menjelaskan, selain berupa uang tunai Pemprov juga menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial berupa peralatan tidur dan peralatan masak.

"Kami juga menyerahkan logistik berupa kasus dan lainnya," ucapnya.

Selain itu, pada kesempatan ini Manna menjelaskan dari Pemprov juga menyerahkan akta kematian bagi pada korban meninggal dunia. Dirinya mengatakan, akta kematian dini diberikan agar nantinya bisa digunakan untuk keperluan administrasi kependudukan.

Bupati Karo Cory br Sebayang mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi langkah cepat dari Kementerian Sosial dan Pemprov Sumut ini. Diketahui, pemberian bantuan ini baru berselang lima hari dari peristiwa bencana yang terjadi pada Kamis (26/8/2021).

"Kami sangat mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial, karena cepat tanggap dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah di Kabupaten Karo," katanya.

Diketahui, dari bencana tanah longsor ini menyebabkan empat rumah hancur tertimbun material longsor. Selain menghancurkan rumah, lima orang penghuninya meninggal dunia. Tak hanya itu, empat orang lagi juga menjadi korban dan mengalami luka berat.

Pada pemberian bantuan ini, Pemprov Sumut memberikan bantuan berupa empat paket logistik beserta akta kematian. Kemudian, bantuan dari Pemkab Karo berupa empat paket logistik dan sembako. Kemudian, dari PT Inalum memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar tiga juta rupiah kepada empat keluarga yang menjadi korban serta logistik. (cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved