Breaking News:

80 Persen Warga Merek Sudah Divaksin, Ini Alasan Dinkes Beri Prioritas

Hingga saat ini, diketahui masyarakat yang tinggal di Kabupaten Karo sudah sebanyak 61.000 lebih yang sudah mendapatkan suntikan vaksin.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/Muhammad Nasrul
Forkopimda Karo memantau vaksinasi di Lapangan Samura, Jalan Stadion, Kabanjahe, belum lama ini. 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan beberapa instansi lainnya, masih gencar melakukan penyaluran vaksinasi.

Hingga saat ini, diketahui masyarakat yang tinggal di Kabupaten Karo sudah sebanyak 61.000 lebih yang sudah mendapatkan suntikan vaksin.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karo Arie O Lopiga, dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Karo, semuanya sudah mendapatkan vaksinasi.

Namun, karena melihat kondisi yang ada ada empat kecamatan yang menjadi prioritas percepatan saluran vaksinasi.

"Semua sudah dapat, tapi ada empat kecamatan yang menjadi prioritas yaitu Kecamatan Berastagi, Kabanjahe, Tigapanah, dan Merek," ujar Arie, saat ditemui di Kantor Dinkes Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Kamis (9/9/2021).

Diketahui, dari empat kecamatan yang masuk dalam wilayah prioritas ini tiga di antaranya yaitu Kecamatan Kabanjahe, Berastagi, dan Tigapanah, masuk ke dalam zona merah.

Sedangkan untuk Kecamatan Merek, menjadi prioritas karena masuk ke wilayah lingkar Danau Toba yang menjadi destinasi super prioritas wisata nasional.

"Jadi semua wilayah yang berada di lingkar Danau Toba menjadi prioritas, dan di kita masuk lah Kecamatan Merek. Jadi, kita juga harus prioritaskan vaksinasi selesai," katanya.

Menanggapi hal ini, Arie mengatakan jika pihaknya hingga saat ini sudah berhasil melakukan saluran vaksinasi bagi warga Kecamatan Merek sebanyak 80 persen.

Dari 80 persen ini, semua warga yang masuk ke dalam usia 12 tahun ke atas semuanya sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

"Kalau untuk Kecamatan Merek, bisa kita katakan sudah melebihi herd imunity atau kekebalan kelompok," ucapnya.

Lebih lanjut, pria berkacamata ini menjelaskan jika saat ini bukan hanya warga Kabupaten Karo saja yang mendapatkan suntikan vaksin.

Namun, siapa saja yang tinggal di Kabupaten Karo dan sudah menetap dengan waktu yang cukup lama sudah mendapatkan hak yang sama.

(cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved