Breaking News:

TRIBUNWIKI

Jenis-jenis BBM Yang Ada di SPBU yang Wajib Diketahui Agar Tak Salah Saat Mengisi Bahan Bakar

Mengetahui jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan hal penting agar kita paham kebutuhan dari kendaraan kita.

Penulis: Fredy Santoso | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN
Petugas mengisi BBM di SPBU coco di Jalan Putri Hijau, Medan, Sumatra Utara, Minggu (10/2/2019). PT Pertamina (Persero) pada Minggu (10/2/2019) pukul 00.00 waktu setempat menurunkan harga BBM non subsidi, Pertamax Turbo Rp 800 per liter, Pertamax Rp 350 per liter, Dexlite Rp 100 per liter dan Dex 50 per liter sebagai bentuk penyesuaian harga rata-rata minyak mentah dunia yang turun dan penguatan Rupiah terhadap Dolar AS. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mengetahui jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan hal penting agar kita paham kebutuhan dari kendaraan kita.

Terlebih jenis BBM hingga kini banyak dan lebih beragam.

Nah, untuk mengetahui bisa simak artikel dibawah :

1. Premium

Merupakan bahan bakar mesin bensin dengan angka oktan minimal 88. Bahan bakar ini berwarna kuning keemasan dan diproduksi sesuai dengan Keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Np.3674/K24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 88.

Premium dapat digunakan pada kendaraan bermotor bensin dengan risiko kompresi rendah (dibawah 9:1).

Namun saat ini tidak semua SPBU menyediakan BBM jenis ini. Kalaupun ada hanya di jam-jam tertentu dan terbatas.

2. Pertalite

Merupakan bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan 90 serta berwarna hijau terang dan jernih ini sangat tepat digunakan oleh kendaraan dengan kompresi 9:1 hingga 10:1.

Bahan bakar Pertalite memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada bahan bakar Premium 88 sehingga lebih tepat digunakan untuk kendaraan bermesin bensin yang saat ini beredar di Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved