Breaking News:

GUBERNUR Edy Respons Wali Kota Medan Bobby yang Bilang Sulit Dapat Data Pasien Covid dari Pemprov

Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution pada Sabtu (11/9/2021), mengaku kesulitan memeroleh data pasien Covid-19 dari Pemprov Sumut.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Randy P.F Hutagaol
HO
Gubernur Sumut edy Rahmayadi saat mengikuti rapat belum lama ini.(HO) 

Bobby Sebut Pemko Medan Kesulitan Peroleh Data Pasien Covid-19 dari Pemprov, Ini Penjelasan Gubernur Edy

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution pada Sabtu (11/9/2021), mengaku kesulitan memeroleh data pasien Covid-19 dari Pemprov Sumut, sehingga Pemko Medan menjadi salah satu daerah oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang dinilai kacau pendataannya.

Sebab, kata Bobby ketika itu, data pasien Covid-19 dari rumah sakit atau klinik swasta dilaporkan ke Pemprov Sumut, bukan ke Kota Medan.

Menanggapi itu, Gubernur Edy pun menjelaskan, terkait pendataan Covid-19, Pemprov Sumut justru mendapatkan data yang telah diakumulasikan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten/kota.

"Data itu datangnya dari bawah ke atas. Jadi pemprov ini tidak mungkin buat data. Tapi nanti saya cek. Pemprov ini peroleh data dari dusun/lingkungan, diakumulasikan di puskesmas di tingkat kabupaten/kota itu. Puskesmas terus ke atas. Itu lah pemprov. Jadi kabupaten/kota juga harus tahu. Jangan asyik salah ini salah itu," kata Edy, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Senin (13/9/2021).

Terkait, adanya permintaan dari Wali Kota Medan soal data pasien Covid-19, orang nomor satu di Pemprov Sumut itu pun akan memberikannya ke Pemko Medan.

"Nanti dikasih, nanti saya perintahkan. Sebenarnya data itu dari bottom up, dari bawah ke atas. Bukan dari atas ke bawah. Karena pemprov ini juga ambil data dari bawah. Harusnya tak seperti itu. Itu soal komunikasi aja," sebutnya.

Ke depan demi sinkronisasi pendataan Covid-19 yang ada di daerah dengan di Kementerian Kesehatan, maka pihaknya segera melakulan evaluasi.

"Dengan data yang tidak singkron, dia akan berpengaruh. Karena ini model digital yang harus diakses oleh Jakarta, pusat. Oleh karena itu harus diatur, dievaluasi," katanya.

Medan Segera Turun ke PPKM Level 3, Bobby Nasution Klaim BOR Sudah di Bawah 30 Persen

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan ada kemungkinan status Kota Medan turun menjadi PPKM Level 3. Hal tersebut karena tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) dan jumlah kasus harian yang melandai.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved