Breaking News:

News Video

Jaksa Beberkan Cara Mantan Bendahara Puskesmas Glugur Darat Korupsikan Uang JKN Rp 2 Miliar Lebih

Dalam sidang yang digelar secara daring itu, perempuan 34 tahun tersebut tampak tertunduk lesu mendengarkan dakwaan tim Jaksa Penuntut Umum.

Jaksa Beberkan Cara Mantan Bendahara Puskesmas Glugur Darat Korupsikan Uang JKN Rp 2 Miliar Lebih

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Didakwa selewengkan dana Kapitasi Jaminan Kesehatan (JKN), Mantan Bendahara Puskesmas Glugur Darat Kota Medan, Esthi Wulandari jalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Medan, Senin (27/9/2021).

Dalam sidang yang digelar secara daring itu, perempuan 34 tahun tersebut tampak tertunduk lesu mendengarkan dakwaan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nur Ainun dan Fauzan Irgi.

Dikatakan Jaksa, perkara ini bermula ketika Terdakwa yang menjabat sebagai Bendahara Kapitasi JKN Puskesmas Glugur Darat pada Tahun 2019, mengambil dana Kapitasi Jaminan Kesehatan (JKN) dengan cara membuat cek untuk ditandatangani Kepala Puskesmas Glugur Darat.

Adapun didalam cek yang dibuat Terdakwa, hanya menuliskan nominal angka yang akan dicairkan, sedangkan penulisan huruf nominal dalam Cek tidak dituliskan oleh Terdakwa.

Lalu, kata Jaksa Terdakwa membawa Cek yang telah ditandatangani Kepala Puskesmas dan sebelum pencairan dana, Terdakwa menambahkan angka di depan angka bilangan dan Terdakwa menulis huruf terbilang.

Setelah penambahan angka tersebut, hingga terjadi dalam 8 kali penarikan cek pada Bank Sumut, diperuntukkan Terdakwa guna kepentingan pribadi.

"Puskesmas Glugur Darat Kota Medan dalam Tahun Anggaran 2019 mendapat Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional dimana Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tersebut berasal dari BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)," kata Jaksa.

Dikatakan Jaksa, berdasarkan jumlah peserta BPJS yang terdaftar di wilayah kerja Puskesmas Glugur Darat Dinas Kesehatan Kota Medan, dengan nilai Dana Kapitasi total keseluruhan sebesar Rp 3.496.229.000.

Bahwa dalam pelaksanaannya, Terdakwa Esthi Wulandari mengambil dana Kapitasi JKN dengan cara membuat Cek untuk ditandatangani Kepala Puskesmas yakni Rosita Nurjanah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved