Breaking News:

Yuk Kenali Ciri-Ciri Hewan Terkena Rabies, Ternyata Ada Dua Tipe

Dia menjelaskan hewan terkena rabies dengan tipe ganas biasanya tidak lagi mengenal tuannya atau orang yang memeliharanya. 

Penulis: Goklas Wisely | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN
Seekor kucing disuntik anti rabies di UPT.Rumah Sakit Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemrov Sumut, Medan, Rabu (27/3/2019).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Ada dua tipe hewan terkena rabies yang harus dikenali bagi para cinta binatang ataupun warga pemelihara binatang. 

Hal itu disampaikan oleh Lilik Prayitno selalu Personal In Charge di Balai Veteriner Medan kepada Tribun Medan, Senin (27/9/2021). 

"Jadi hewan rabies itu ada dua tipe. Pertama, ganas dan kedua, jinak," ujarnya. 

Baca juga: Curhat Jackie Chan Bukan Sosok Ayah yang Baik, Pantas Anaknya Sering Protes: Saya Sama Sekali Buta

Dia menjelaskan hewan terkena rabies dengan tipe ganas biasanya tidak lagi mengenal tuannya atau orang yang memeliharanya. 

Semisal, tidak lagi menyapa tuannya seperti biasa ketika pagi hari atau malam hari sewaktu pulang kerja  dan lainnya. 

Kemudian, tipe ganas ini juga menyerang apa saja benda yang ada di sekitarnya. Sehingga cenderung galak dan tak jarang berujung menggigit. 

"Kalau sudah menyerang pemilik biasanya mau juga melukai hewan yang lain. Makanya mengkandangkan hewan itu sangat penting," ujarnya. 

Selain itu ciri - ciri lain ialah hewan tersebut akan takut cahaya, air, serta dalam beberapa waktu ke depan akan lumpuh sampai berangsur mati. 

"Nanti agak keluar liurnya lalu secara tidak sadar mati. Kalau tipe jinak, biasanya hewan yang terkena rabies itu diam aja tapi kalau ada orang lewat tiba - tiba menggigit," ungkapnya. 

Baca juga: Sertifikat 300 Hektare Lahan Sport Centre Selesai, Edy: Dalam Waktu Sesingkatnya Sudah Bisa Dibangun

Ia menjelaskan kalau hewan yang sudah terkena rabies itu biasanya tidak bisa ditangani lagi.

Karena itu virus yang tidak bisa disembuhkan dan dipastikan akan mati. 

"Oleh karena itu, dalam tahap pencegahannya harus dilakukan vaksinasi anti rabies kepada hewan yang dipelihara. Langkah ini harus dilakukan agar tidak terjadi hal - hal buruk ke depan," tutupnya. 

(cr8/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved