Breaking News:

Tim Pencak Silat Sumut Target Tiga Emas di PON Papua

Selama ini pesilat PON Sumut dibina tiga pelatih kawakan yakni Sutrisno, Apriansyah dan Agung Ramadhan. Agung Ramadhan merupakan pelatih asal Jawa Bar

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Sejumlah atlet pelatda pencak silat Sumut saat latihan di Aula PPLP Sumut beberapa waktu yang lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Tim pencak silat Sumatera Utara (Sumut) menargetkan dapat meraih tiga medali emas di PON ke-20 2021 Papua, mengingat persiapan yang dilakukan selama ini dinilai sudah cukup maksimal. 

Manager tim pencak silat Sumatera Utara, Enjang Bahri di Medan, Selasa (28/9/2021), mengatakan, atlet pencak silat Sumut sudah siap bertarung dengan pesilat dari daerah lainnya demi pencapaian perolehan medali yang ditargetkan. 

Target tiga emas tersebut sesuai dengan perhitungan komposisi tim pencak silat. Seperti tim yang diperkuat salah seorang pesilat putri Rizka Andini yang merupakan juara dunia. 

Selain itu, empat pesilat putri Sumut peraih perunggu di PON Jawa Barat tahun 2016 juga masih ikut di PON Papua ini.

Mereka adalah Afriani Laurensia Barus, Artety Nadeak,  Rahmadayanty, dan Rizka Andini. 

Baca juga: Bobby Nasution Minta BUMD Kota Medan Tidak Manja Terkait Penyertaan Modal

"Artinya dengan pengalaman mereka yang tentunya terus diasah selama empat tahun ini, membuat mereka semakin matang. Target tiga emas cukup realistis, meski sebenarnya KONI Sumut hanya memberikan target dua emas kepada kami," kata Enjang, Selasa (28/9/2021). 

Lanjutnya, selama ini pesilat PON Sumut dibina tiga pelatih kawakan yakni Sutrisno, Apriansyah dan Agung Ramadhan. Agung Ramadhan merupakan pelatih asal Jawa Barat yang pada PON lalu melatih pesilat Jawa Barat. 

"Anak didik dia (Agung) banyak meraih prestasi di PON Jabar lalu. Nah sekarang dia melatih pesilat kita," ucapnya. 

Meski demikian pria yang juga bertindak sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Medan ini mengakui, perjuangan pesilat Sumut untuk meraih medali cukup berat. 

Penilaian itu mengingat daerah lain yang juga diperkuat oleh sejumlah pesilat yang bukan saja juara juara nasional, namun juga juara internasional seperti SEA Games dan Asian Games. 

"DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali merupakan sejumlah daerah yang memiliki pesilat berkualitas. Kami tentunya sangat mengharapkan doa masyarakat Sumut agar bisa mengukir prestasi di PON Papua," ujarnya. 

Baca juga: Tikus-tikus Langsung Ngacir dari Pekarangan Rumah Anda Hanya dengan Meletakkan Tanaman Ini

Terkait persiapan yang dilakukan selama ini, dengan adanya pendemi Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda, sedikit banyak berdampak pada persiapan para pesilat. 

Terutama dalam program uji coba. Agenda try out juga mengalami kendala. Namun, hal itu disiasati dengan menggelar laga uji coba dengan pesilat lokal. 

"Atlet yang menjadi lawan latih tanding juga atlet pilihan dari perguruan masing masing. Selama ini kami terus tanamkan semangat tinggi, sportivitas dan mental juara kepada mereka," uacap Enjang. 

(cr12/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved