Breaking News:

Hujan Lebat Diprediksi sampai Januari, BMKG Toba Ingatkan Pemda Soal Bahaya Longsor dan Angin

Kepala BPBD Kabupaten Toba dr Pontas Batubara mengatakan, pihaknya telah menyurati camat, kepala desa, dan lurah agar melakukan antisipasi.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MAURITS PARDOSI
Jalan di Desa Napitupulu longsor, pekan lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA – Sejumlah kawasan di Kabupaten Toba rentan mengalami longsor setelah hujan deras. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba memperkirakan hingga awal Januari 2022, hujan lebat akan melanda kabupaten itu. 

Kepala BPBD Kabupaten Toba dr Pontas Batubara mengatakan, pihaknya telah menyurati camat, kepala desa, dan lurah agar melakukan antisipasi.

“Kami mengimbau seluruh camat, lurah, Kepala desa serta masyarakat untuk tetap mewaspadai curah hujan di daerahnya dan memperhatikan sungai, saluran air untuk mengantisipasi banjir dan longsor,” ujarnya, Jumat (1/10/2021).

Selain hujan lebat, menurutnya beberapa kawasan di Kabupaten Toba juga berpotensi mengalami angin puting beliung.

“Perlunya peningkatan kewaspadaan dan antisipasi dini pada wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan deras disertai angin puting beliung seperti  di kecamatan  Sigumpar, Siantar Narumonda, Porsea, Parmaksian, dan Lumban Julu,” terangnya.

Dalam beberapa pekan terakhir ini,  empat titik jalan provinsi di Kabupaten Toba longsor, bahkan hingga ambruk. 

Kondisi ini menyulitkan warga yang hendak melintas, termasuk para petani yang mengangkut hasil tani.

 BPBD juga menyampaikan agar masyarakat lebih waspada dan melakukan beberapa hal.

“Kami juga meminta pada semua pihak, khususnya kecamatan, untuk lebih optimal melakukan penyimpanan air pada musim hujan in. Untuk memenuhi waduk, embung, kolam retensi dan penyimpanan buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan terutama di Kecamatan Porsea dan Parmaksian,” pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved