Breaking News:

Materi Belajar IPA Kelas 7: Gunung Api, Pengertian dan Macamnya

Materi belajar IPA Kelas 7 SMP tentang gunung api, mulai dari pengertian hingga macamnya.

TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI
LAVA PIJAR - Luncuran lava pijar di sisi tenggara Gunung Sinabung terlihat dari Desa Tiga Serangkai, Kabupaten Karo, Minggu (14/6/2015) dini hari. 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar IPA Kelas 7 SMP tentang gunung api, mulai dari pengertian hingga macamnya.

Bumi memiliki energi di dalamnya yang disebut dengan endogen. Endogen merupakan penyebab permukaan Bumi tidak rata, membentuk bukit-bukit dan pegunungan.

Nah, siapa yang di kotanya ada gunung, khususnya gunung api? Pernah tidak menebak-nebak kapan gunung tersebut akan meletus?

Eits, jangan takut dulu. Tidak semua gunung pasti akan meletus. Di artikel kali ini, kita akan belajar apa itu gunung api dan jenis-jenisnya.

Gunung Api

Secara umum, gunung berapi atau gunung api adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

Suatu gunung berapi merupakan bentukan alam dari pecahan yang terjadi di kerak dari benda langit bermassa planet, seperti Bumi.

Patahan tersebut mengakibatkan lava panas, abu vulkanik dan gas bisa keluar dari dapur magma yang terdapat di bawah permukaan bumi.

Macamnya sendiri ada banyak, dilihat dari aktivitas dan tipe bentuknya. Dari aktivitas, ada yang aktif, ada yang mati, dan da juga yang istirahat.

Sedangkan berdasarkan tipe bentuknya, terdapat gunung kerucut (strato), gunung perisai, dan gunung maar.

Gunung Api Mati

Seperti namanya, gunung ini sudah tidak lagi memiliki aktivitas erupsi. Bisa saja gunung ini pernah meletus, tapi tidak akan meletus lagi.

Gunung Istirahat

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved