Breaking News:

Khazanah Islam

Kisah Uwais Al Qarni Tidak Pernah Bertemu Rasulullah, Tapi Nabi Muhammad Tahu Doanya Sangat Makbul

Dia seorang pemuda fakir miskin yang tinggal di Yaman bersama seorang ibu yang sudah sepuh, mengidap

Ist
sholat mesjid 

TRIBUN-MEDAN.com - Di antara para sahabat Nabi Muhammad yang dikenal dengan kebaikan dan kesalehan, ada satu sosok yang meminta agar dirinya tidak diketahui oleh banyak orang.

Dia seorang pemuda fakir miskin yang tinggal di Yaman bersama seorang ibu yang sudah sepuh, mengidap kelumpuhan dan buta.

Dia lah Uwais Al Qarni pemuda berpenyakit sopak, bertubuh belang-belang, terdapat tanda putih di telapak tangannya dan di tengkuknya. Walaupun begitu, sosok ini pernah disebut oleh Nabi Muhammad sebagai penghuni langit, doa dan istighfarnya mustajab.

Baca juga: Artis Cantik Usai Keluar Bui, Diisukan Simpanan Pejabat, Kini Hidupnya Apes Bikin Nyesek

Baca juga: Cerita Roy Kiyoshi Kekesalannya Memuncak, Keluarga Panik Baca Berita Roy Meninggal

Baca juga: Potret Pernikahan Celine Evangelista dan Marshel Bikin Heboh, Istri Stefan Pamer Cincin Indah

Rasullah SAW pernah berpesan kepada Khalifah kedua, Umar bin Khattab RA dan Khalifah terakhir Ali bin Abi Thalib RA untuk mencari keberadaan Uwais Al-Qarni. Dan berwasiat, apabila berjumpa dengan Uwais untuk melihat tanda di tangannya, dan untuk tidak lupa meminta doanya yang makbul.

Rasulullah SAW bersabda, "Satu saat akan datang seorang bernama Uwais bin 'Amir bersama serombongan kafilah dari Yaman. Ia berasal dari Murad kemudian dari Qarn. Ia memiliki penyakit kulit kemudian sembuh darinya kecuali bagian satu dirham. Ia punya seorang ibu dan sangat berbakti padanya. Seandainya ia mau bersumpah pada Allah maka akan diperkenankan yang ia minta. Jika engkau mampu agar ia meminta pada Allah supaya engkau diampuni minta lah padanya" (HR Muslim).

Suatu hari, Khalifah Umar teringat pesan Nabi tentang Uwais Al Qarni. Beliau pun mengingatkan kembali pesan Nabi Muhammad kepada sahabatnya Ali bin Abi Thalib RA sosok Uwais Al-Qarni, yang kesehariannya hanya menggembalakan domba dan unta.

Baca juga: Terkuak Penyebab Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi Cerai, Segini Kisaran Gaji Suami

Kesempatan kedua Khalifah bertemu Uwais Al-Qarni pun tiba, saat rombongan dari Yaman datang menuju Syam. Uwais Al-Qarni turut di dalam rombongan ketika tiba di Kota Madinah.

Satu per satu anggota rombongan itu ditanyai oleh Umar RA dan Ali RA Uwais apakah ada sosok Uwais Al-Qarni bersama mereka. Rombongan itu mengatakan Uwais Al-Qarni  sedang menjaga unta-unta di perbatasan kota.

Mendengar jawaban itu, Khalifah Umar RA dan Ali RA segera melangkah pergi untuk menjumpai Uwais Al-Qarni di kemahnya, di perbatasan kota. Saat pertama melihat Uwais, dia sedang sholat sehingga Umar dan Ali menunggu hingga mengucapkan salam.

Setelah itu, Khalifah Umar RA membuktikan perkataan Nabi soal tanda dan ciri yang ada pada tangan Uwais, saat berjabatan tangan. Ternyata memang benar adanya meski tidak pernah berjumpa fisik dengan Nabi Muhammad secara lansgung.

Baca juga: Diterpa Keretakan Rumah Tangga, Akhirnya Ketahuan Suami Kaya Zaskia Gotik Sering ke Rumah Imel

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved