Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Sekolah, Pancasila Sebagai Dasar Negara Menurut Soekarno

Materi belajar sekolah tentang pancasila sebagai dasar negara menurut presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

HO / TRIBUN
Lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar sekolah tentang pancasila sebagai dasar negara menurut presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

Setiap mahasiswa era Orde Baru pasti ingat pernah menghabiskan hari-harinya hanya menghafal dan mendalami Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila atau P4.

Setelah 20 tahun Orde Baru tumbang dan P4 tak ada lagi, Pancasila masih tertanam di kurikulum pendidikan dan dihayati setiap upacara. Kita bahkan punya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Namun, pahamkah kamu mengapa Pancasila begitu penting dan dijadikan dasar negara?

Dikutip dari Kursus Presiden Soekarno tentang Pancasila (2017), pada 26 Mei 1958, Soekarno memberi inleiding atau kursus pendahuluan soal Pancasila yang dibanggakannya.

Utamanya, soal posisi Pancasila sebagai dasar negara. Soekarno meyakini Pancasila adalah falsafah yang mempersatukan dan mengikat Indonesia.

"Pancasila adalah satu alat mempersatu, yang saya yakin seyakin-yakinnya bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke hanyalah dapat bersatu padu di atas dasar Pancasila itu," kata Soekarno.

 

Tak hanya sebagai dasar, Soekarno juga menginginkan Pancasila sebagau senjata untuk menyelapkan penyakit bangsa. Apa penyakitnya? Tentu saja imperialisme.

Cara Indonesia melawan penjajahan imperialisme ini, kata Soekarno, berbeda dengan cara bangsa lain memerdekakan dirinya.

Ia memberi contoh bagaimana cara India memerdekakan diri dari Inggris. Kemudian cara Amerika menentang kolonialisme Inggris lewat Declaration of Independence pada 1776. Juga cara Rusia meruntuhkan kapitalisme.

"Berlainan sekali dengan gerakan India yang pada hakekatnya ialah gerakan kaum pertengahan dan borjuis menunggangi kaum proletar, berlainan sekali dengan gerakan revolusi Perancis, berlainan dengan gerakan revolusi Amerika. Kita adalah satu gerakan dari seluruh rakyat dengan dasar persatuan dan revolusioner," ujar dia.

(tribun-medan.com/kompas.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved