Breaking News:

Komisi B DPRD Sumut Sebut Kekosongan BBM Dipengaruhi Tingginya Harga Minyak Dunia

Keterbatasan stok BBM yang terjadi belakangan ini, lantaran harga minyak dunia mengalami kenaikan, yakni mencapai 83-84 dollar per barel. 

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas operator menunggu datanganya pasokan BBM karena kehabisan stok di salah satu SPBU di Jalan Ringroad/Gagak Hitam, Medan, Rabu (13/10/2021). Sejumlah SPBU di Kota Medan terpaksa menunggu pasokan karena mengalami kehabisan stok bahan bakar minyak (BBM). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejumlah SPBU di Kota Medan kembali mengalami keterbatasan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Rabu (13/10/2021), sehingga imbasnya tak dapat melayani pengendara yang ingin melakukan pengisian BBM.

Ketua Komisi B DPRD Sumut, Dodi Thohir pun mengaku telah mengetahui kondisi tersebut.

Bahkan menurutnya kelangkaan BBM telah berlangsung dalam dua pekan terakhir.

Baca juga: Detik-detik Kematian Pria Ini saat Sholat Terekam Kamera, Ajalnya Datang & Meninggal di Atas Sajadah

Ia mengatakan, keterbatasan stok BBM yang terjadi belakangan ini, lantaran harga minyak dunia mengalami kenaikan, yakni mencapai 83-84 dollar per barel. 

"Memang terjadi 2 minggu ini, di SPBU terutama minyak subisidi, seperti premiun dan solar. Juga pertalite dan pertamax terganggu. Akibat harga minyak dunia naik, saat ini harganya 83-84 dollar per barel," sebut Dodi, Rabu malam.

Terlebih, menurutnya, pemerintah diketahui sampai saat masih mengimpor minyak mentah, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Dampaknya praktis distribusi BBM ke daerah pun ikut terganggu.

"Akibat kenaikan itu stok kita terbatas. karena kebutuhan minyak kita masih impor untuk penuhi kebutuhan dalam negeri. Mungkin pertamina kurangi stok BBM. Karena kan kalau harga minyak naik, subsidi yang dikeluarkan bakal besar, kalau terjadi terus menerus dampaknya pertamina bisa mengalami kerugian makin tinggi," tambah politisi Partai Golkar itu.

Baca juga: Sarohatua Lumbantobing, Atlet Tinju Sumut Raih Medali Emas di PON Papua 2021

Dodi berharap pemerintah memiliki solusi bijak imbas dari kenaikan harga minyak mentah dunia dengan pemenuhan kebutuhan BBM di Indonesia, khususnya Sumut.

Dengan langkanya BBM di SPBU, maka akan turut mengganggu perekonomian masyarakat yang bergantung dengan pengangkutan, seperti angkutan umum, truk ekspedisi dan lainnya.

"Harapannya pemerintah punya solusi. Karena berdampak dengan perekonomian masyarakat yang bergerak dibidang pengangkutan, pastinya membutuhkan BBM," ujarnya.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved