Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Sekolah: Pengertian Fenomena Aging Population dan Cara Mengatasinya

Aging population adalah fenomena yang terjadi saat umur median penduduk suatu wilayah atau negara mengalami peningkatan.

hallosehat.com
Orangtua 

TRIBUN-MEDAN.com -  Menurut Heryanah dalam jurnal Ageing Population dan Bonus Demografi Kedua di Indonesia (2015), aging population adalah fenomena yang terjadi saat umur median penduduk suatu wilayah atau negara mengalami peningkatan.

Penuaan penduduk atau aging population disebabkan oleh meningkatnya angka harapan hidup serta menurunnya tingkat fertilitas atau kesuburan penduduk di suatu wilayah atau negara.

Dikutip dari buku Wealth Management (2007) karya Ubaidillah Nugraha, fenomena aging population terjadi dengan diiringi peningkatan usia harapan hidup, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, serta adanya perbaikan di bidang pelayanan kesehatan.

Para ahli demografi menjelaskan bahwa suatu negara atau wilayah dapat dikatakan mengalami fenomena aging population, jika jumlah penduduk berusia lanjut mengalami peningkatan.

Cara mengatasi aging population

Fenomena aging population dapat diatasi dengan cara memperhatikan kesehatan penduduk usia lanjut, meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan, serta menguatkan peran keluarga dalam merawat penduduk usia lanjut.

Melansir dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah penduduk lansia di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Diperkirakan pada 2035, jumlahnya bertambah jadi 48,2 juta jiwa.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi fenomena aging population. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan lansia di sejumlah fasilitas kesehatan.

Harapannya kesehatan dan kualitas hidup penduduk usia lanjut dapat tetap terjaga, serta meningkatnya kemampuan fisik lansia.

Tidak hanya berfokus pada peningkatan kesehatan lansia, pemerintah juga berupaya untuk melaksanakan program pemberdayaan lansia. Tujuannya untuk mengoptimalkan fungsi fisik, mental, kognitif serta spiritual.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved