Breaking News:

Revitalisasi Lapangan Merdeka Sebentar Lagi Terlaksana, Bobby Nasution Tuai Banyak Dukungan

Wali Kota Medan sudah punya perencanaan dan persiapan yang kuat untuk melakukan revitalisasi Lapangan Merdeka, Kota Medan.

Editor: jefrisusetio
HO
Desain Lapangan Merdeka Medan yang akan direvitalisasi jadi Ruang Terbuka Hijau 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan sudah punya perencanaan dan persiapan yang kuat untuk melakukan revitalisasi Lapangan Merdeka, Kota Medan. Rencananya, Lapangan Merdeka akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH) dan cagar budaya. 

Selain itu, Kota Medan akan dijadikan ikon atau landmark Kota Medan yang pada intinya revitalisasi dilakukan untuk merealisasikan janji kampanye. 

Desain Lapangan Merdeka yang baru mencangkup infrastruktur pedestrian, drainase, air limbah termasuk pemindahan jaringan kabel ke bawah tanah. 

Sedangkan, penataan dan pembangunan sisi dalam Lapangan Merdeka akan dilakukan Pemerintah Kota Medan.  Guna memuluskan rencana revitalisasi ini, Bobby Nasution telah melaksanakan kunjungan kerja ke Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus minta dukungan. 

Kedatangan Bobby Nasution langsung diterima Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya Ir Diana Kusumastuti MT. Setelah menyampaikan program yang akan dilakukan terkait dengan revitalisasi, Dirjen Cipta Karya pun mendukungnya.

“Alhamdulillah, Kementrian PUPR mendukung program kita untuk revitalisasi Lapangan Merdeka,” kata Bobby Nasution usai pertemuan beberapa hari lalu.

Diungkapkan Bobby Nasution, akhir Oktober ini, draft desain akan selesai dan langsung ditenderkan pada November.

Jika tidak ada kendala, pembangunan fisik sudah dapat dilakukan awal tahun 2022. Guna melancarkan revitalisasi yang dilakukan, Pemko Medan akan diberikan guideline atau pedoman oleh konsultan.

Dikatakan Bobby Nasution, revitalissi Lapangan Merdeka dilakukan  merupakan realisasi janji kampanye setelah menginventarisir aspirasi dan permintaan masyarakat. Sebab, sudah lama masyarakat menginginkan agar lapangan yang mulai  aktif digunakan sejak tahun 1880 dan pada masa Kolonial Belanda dinamakan de Esplanade agar dikembalikan ke bentuk dan fungsinya semula.

"Apa yang menjadi suara masyarakat tentunya kita dengarkan. Masyarakat minta agar Lapangan Merdeka dikembalikan fungsinya sebagai RTH dan semua yang ada di dalamnya tidak boleh berkurang. Perintah masyarakat kita jalankan, insya Allah revitalisasi Lapangan Merdeka segera kita lakukan. Apalagi Kementerian PUPR sudah mendukungnya,” ujarnya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved