Breaking News:

Dukung Kepedulian Lingkungan, Wakil Wali Kota Medan Janji Dukung Program Pembangunan Lebih Baik

Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman menerima audiensi pengelola aplikasi Kepedulian Lingkungan atau kepul.id, di ruang kerjanya. 

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman menerima audiensi pengelola aplikasi Kepedulian Lingkungan atau kepul.id, di ruang kerjanya.  

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman menerima audiensi pengelola aplikasi Kepedulian Lingkungan atau kepul.id, di ruang kerjanya. 

Dalam pertemuan itu, CEO kepul.id Abdul Latif mengungkapkan keinginan untuk berkolaborasi dengan Pemko Medan dalam mengumpulkan dan membeli sampah yang dapat didaur ulang milik masyarakat. Dan, instansi dengan memanfaatkan teknologi digital.  

"Kepul merupakan sebuah inovasi dalam upaya optimalisasi jual beli sampah yang dapat didaur ulang. Aplikasi ini digunakan masyarakat yang ingin menjual sampah kepada para pengepul, mereka yang bermata pencaharian dengan membeli sampah masyarakat untuk kemudian dijual kembali kepada pengepul besar.  Seperti botot online, kita siap jemput barang bekas dan sampah ke rumah-rumah warga," ucapnya seraya menambahkan, kepul.id juga mempunyai program bayar uang sekolah pakai sampah.

Sedangkan, Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman mengingatkan, agar kepul.id mempunyai basis data yang kuat hingga dapat berkembang baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Harus memiliki data yang akurat agar semuanya terintegrasi," ujar Wakil Wali Kota Medan.

Aulia mengatakan, saat ini Pemk Medan juga terus mengembangkan smart city dengan berbasis pada kekuatan data yang valid. Karena itu, dibutuhkan aplikasi pendataan. Misalnya, dengan aplikasi tersebut bisa diketahui jumlah warga miskin di setiap kelurahan, anak berprestasi dari keluarga tidak mampu, dan hal-hal rinci lainnya.

"Semua terintegrasi dan mendukung setiap program-program pembangunan," ucap Aulia.

Aulia mengatakan, berbagai inovasi yang dilahirkan haruslah berangkat dari pendataan yang benar-benar valid dan komprehensif.

"Inovasi kalian ini juga harus didukung oleh pendataan yang valid agar bisa berkembang dan memberi manfaat lebih," pesan Aulia.

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved