Breaking News:

Kenali Faktor Risiko Terkena Diabetes dan Cara Mencegah Komplikasi Sejak Dini Sebelum Parah

Pendeteksian awal dapat mencegah penyakit diabetes menjadi lebih parah. Penyakit diabetes atau tinggi gula darah merupakan penyakit berbahaya.

Ist
Kenali Risiko Penyakit Diabetes 

TRIBUN-MEDAN.com - Pendeteksian awal dapat mencegah penyakit diabetes menjadi lebih parah.   

Penyakit diabetes atau tinggi gula darah merupakan penyakit yang kerap dialami banyak orang di seluruh dunia.

Penyakit ini menjadi ancaman serius yang bisa berakibat fatal bagi penderitanya yang bisa menyebabkan stroke, penyakit jantung, hingga kematian.

Diketahui bahwa diabetes bukan hanya terdiri dari satu penyakit, tapi beberapa penyakit yang ditandai dengan gejala kadar gula dalam darah di atas normal atau disebut hiperglikemia.

Dalam webinar Cegah Dini Komplikasi Ginjal Pada Pejuang Diabetes, Selasa (16/11/2021) dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik Prof DR dr Sidartawan, SpPD-KEMD, FINASIM menjelaskan kadar gula darah di atas normal dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

"Sebenarnya kita tahu diabetes adalah penyakit menahun, kronis yang sebagian besar tidak bisa sembuh, (tapi) ada yang bisa sembuh," ujarnya.

Sementara itu, dia menyebut tidak ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes secara total dan sejauh ini hanya tersedia obat untuk menurunkan atau mengontrol kadar gula darah.

 

Dia menilai, edukasi kepada pasien diabetes sangat penting dilakukan.

Sebab jika mereka tidak memahami penyakitnya, maka berisiko terjadinya komplikasi di seluruh pembuluh darah, misalnya pada otak, jantung, tungkai, mata, serta ginjal.

"Jadi usaha kita adalah menurunkan kadar gula darah agar mencapai target, agar tidak terjadi komplikasi, bukan menyembuhkan," lanjutnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved