Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Penjelasan Kelompok-kelompok Awan Berdasarkan Jenisnya: Awan Tinggi, Menengah, dan Rendah

Berikut jenis-jenis awan dan penjelasannya. Awan yang mengandung uap air terbentang di langit. Awan terlihat pada siang hari. 

Unsplash
Penjelasan Kelompok-kelompok Awan Berdasarkan Jenisnya 

TRIBUN-MEDAN.com - Berikut jenis-jenis awan dan penjelasannya. Awan mengandung uap air terbentang di langit. Awan terlihat pada siang hari. 

Bisa diartikan, awan kumpulan titik–titik air atau kristal es halus dalam udara di atmosfer.

Meskipun terlihat serupa, tetapi awan ternyata memiliki banyak jenis yang dikategorikan berdasarkan ketinggiannya.

Pada dasarnya, terbentuknya awan adalah akibat dari proses kondensasi uap air di udara.

Terdapat beragam jenis-jenis awan, ada yang menghasilkan hujan atau salju, ada juga yang hanya bergerak lalu menghilang seiring waktu.

Pengertian dan jenis-jenis awan
Pengertian dan jenis-jenis awan (Ist)

Jenis-jenis Awan

Dalam Kongres Meterologi Internasional di Munich, Jerman, tahun 1802 membagi jenis-jenis awan menjadi beberapa golongan, antara lain :

Awan Tinggi

Kelompok awan ini berada pada ketinggian 6 – 12 km. Oleh karena ketinggiannya tersebut, kelompok awan ini terdiri atas kristal-kristal es. Jenis–jenis awan yang termasuk kelompok awan tinggi antara lain:

  • Cirrus (Ci), awan ini halus dan memiliki tekstur seperti serat. Bentuknya seperti bulu burung yang tersusun seperti pita melengkung di langit. Jenis awan ini tidak menimbulkan hujan.
  • Cirro Stratus (Ci-St), bentuk awan ini menyerupai kelambu putih yang halus dan rata menutup seluruh langit. Awan ini tampak cerah seperti anyaman yang bentuknya tidak beraturan . Jenis awan biasa terbentuk pada musim kering dan dapat menimbulkan gejala optic halo.
  • Cirro Cumulus (Ci-Cu), awan jenis ini memiliki pola terputus-putus yang sering kali berbentuk seperti gerombolan domba. Awan ini penuh dengan Kristal-kristal es sering menimbulkan bayangan di permukaan bumi.

Materi Belajar Astronomi: Jawaban Mengapa Bulan Terlihat Pada Siang Hari

Materi Belajar Astronomi: Teori Para Ilmuwan Tentang Asal-usul Pembentukan Bumi

Awan Menengah

Kelompok awan ini berada pada ketinggian 3 – 6 km. Jenis-jenis awan yang termasuk kelompok awan menengah antara lain :

  • Alto Cumulus (A-Cu), awan ini berukuran kecil tetapi jumlahnya banyak. Awan ini berbentuk seperti bola yang agak tebal dengan warna putih sampai pucat dan ada bagian yang berwarna kelabu.
  • Alto Stratus (A-St), awan ini berukuran luas dan tebal. Warna awan ini kelabu dan biasa terbentuk pada sore hari yang diikuti dengan hujan pada malam harinya.
Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved