Breaking News:

Kabar Gembira, Warga Sumut Bisa Tukar Uang Rusak melalui Aplikasi Pintar

Dijelaskan Soeko, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini melalui laman https://pintar.bi.go.id.  

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
tribunnews
Petugas mengecek kondisi uang rusak yang ditukarkan oleh warga di Bank Indonesia. Masyarakat bisa tukar uang rusak lewat aplikasi khusus. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Uang tunai yang rusak biasanya akan ditolak oleh para penerima lantaran dinilai tak akan laku untuk digunakan sebagai alat transaksi lagi. Melihat hal ini, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat menukar uang yang rusak melalui aplikasi.

"Mulai 9 Desember 2021, masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang rusak/cacat melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) Bank Indonesia (BI)," ungkap Kepala BI KPw Sumut Soekowardojo, Kamis (16/12/2021).

Dijelaskan Soeko, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini melalui laman https://pintar.bi.go.id.  

"Pemanfaatan aplikasi PINTAR untuk layanan penukaran uang rusak merupakan salah satu upaya BI dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat dan untuk terus memperkuat layanan publik di era kenormalan baru, dengan mengurangi antrian pemesanan pada layanan penukaran uang Rupiah rusak/cacat," ujarnya.

Baca juga: Penukaran Uang Rusak Bisa Lewat Aplikasi Khusus, Simak Penjelasan Direktur Eksekutif Komunikasi BI

Ditimpali Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Sumut Nasrullah menuturkan jika aplikasi PINTAR ini sebelumnya digunakan untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki pecahan UPK Rp 75 ribu spesial edisi hari kemerdekaan ke-75.

Sementara itu, ada beberapa kriteria uang rusak yang dapat ditukarkan diantaranya kondisi uang sobek, terpotong, hilang dan terbakar, atau kondisi rusaknya sudah mencakup dua pertiga dari lembar uang yang akan ditukar.

Bagi masyarakat yang ingin menukar uang rusaknya dapat menuju website tersebut dengan mengklik menu penukaran uang rupiah rusak/cacat.

Ada pun masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dapat memilih lokasi kantor BI Penukaran,Waktu Penukaran, Jumlah nominal uang Penukaran. Sementara itu jam operasional penukaran mulai dari pukul 08.00 – 11.30 waktu setempat.

"Jadi mereka baru akan datang di waktu yang sudah ditentukan," ucap Nasrullah.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved