Cara Mencegah Nyamuk Berkembang Biak di Rumah

Penyakit yang ditularkan nyamuk seperti zika, demam berdarah, chikungunya, dan demam kuning masih terus meningkat.

ILUSTRASI 

TRIBUN-MEDAN.com - Demam berdarah menjadi penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa pun dan kapan pun.

Penyakit yang ditularkan nyamuk seperti zika, demam berdarah, chikungunya, dan demam kuning masih terus meningkat.

Cara terbaik mengatasi masalah ini adalah mengambil tindakan pencegahan, terlebih saat di rumah. 

Melansir dari Houzz, Senin (20/12/2021), berikut lima cara mudah mencegah nyamuk berkembang biak di rumah. 

Jaga rumput tetap pendek dan terkendali

Rumput
Rumput (HO / Tribun Medan)

Biasanya, nyamuk penyebab malaria lebih suka menggigit sampai setinggi mata kaki dan lutut dan nyamuk penyebab demam berdarah menggigit mata kaki dan siku.

Nyamuk juga berkeliaran di sekitar vegetasi dataran rendah pada siang hari karena serangga ini tertarik pada tingkat kelembapan tinggi sehingga memungkinkannya bertahan hidup pada suhu siang hari.

Karena itu, penting memotong rumput agar tetap pendek dan rata. Pertimbangkan membawa tanaman pengusir nyamuk seperti peppermint, basil atau tulsi (Ocimum tenuiflorum), lavender (Lavandula) dan rosemary (Rosmarinus officinalis).  

 

Bersihkan saluran air dan pastikan tidak ada air yang tergenang

Warga melintas di samping pengerjaan perbaikan saluran air di kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Selasa (10/12/2019). Pengerjaan dilakukan untuk memperbaiki saluran air di kawasan tersebut tidak tertutup dengan baik, sehingga membahayakan warga yang melintas.
Warga melintas di samping pengerjaan perbaikan saluran air di kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Selasa (10/12/2019). Pengerjaan dilakukan untuk memperbaiki saluran air di kawasan tersebut tidak tertutup dengan baik, sehingga membahayakan warga yang melintas. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Air yang tergenang merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk. Periksa selokan apakah ada penyumbatan air dan bersihkan puing-puing untuk memastikan tidak ada sisa air di dalamnya.

Pastikan balkon dan taman rumah memiliki lantai yang kering dan tidak ada genangan air kecil. Jangan lupa juga mengganti mangkuk hewan peliharaan sesesering mungkin sehingga tidak digenangi air. 

Jika Anda menemukan air tergenang di dalam atau luar rumah, taburkan beberapa bubuk kopi bekas di atasnya. Aroma kopi yang menyengat tidak hanya mengusir nyamuk, tetapi juga serangga lain seperti lebah. 

Gunakan kelambu di rumah

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved